Lihat ke Halaman Asli

Ervina Naomi

Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta, Program Studi Pendidikan Sosiologi

Fungsionalisme Struktural: Asumsi dan Konsep AGIL Talcott Parson

Diperbarui: 19 September 2022   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Fungsionalisme struktural merupakan sebuah salah satu perspektif dalam ilmu Sosiologi. Tokoh yang mengkaji fungsionalisme struktural ini antara lain Herbert Spencer, Talcott Parsons, dan Robert K. Merton. Teori fungsionalisme struktural ini berbeda dari banyaknya teori-teori sosiologi lainnya, karena teori ini dikembangkan di Amerika tentunya dengan tokohnya yaitu Talcott Parson. Biasanya teori-teori sosiologi yang berkembang berasal dari Prancis, Jerman, dan lain sebagainya. Mari kita bahas tuntas mengenai fungsionalisme struktural.

Asumsi - Asumsi yang Mendasari Fungsionalisme Struktural 

  • Masyarakat selayaknya "organisme" pengaruh ilmu biologi.

Para ahli menganalogikan masyarakat seperti anatomi yang ada di tubuh manusia ataupun hewan. Mengapa demikian? karena dalam suatu sistem tubuh terdiri dari beberapa bagian-bagian banyak seperti kepala, tangan, kaki, dll.  

  • Masyarakat menyerupai sebuah sistem dimana terdiri atas subsistem yang memiliki perannya masing-masing lalu adanya ketergantungan antar subsistem

Masih melanjutkan dengan analogi masyarakat selayaknya anatomi tubuh maka disebutkan bahwa tubuh terdiri dari beberapa sub-sistem memiliki fungsi masing-masing dalam saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Sehingga apabila terdapat satu subsistem yang mengalami disfungsi maka akan mempengaruhi bagian lainnya karena adanya sifat ketergantungan antar sistem. Oleh karena itu sebuah sistem sosial perlu mengalami yang namanya keseimbangan (equilibrium)

  • Anggota masyarakatnya memiliki sifat konsensus dan volunteer.

Tiap-tiap individu didalam masyarakat pada akhirnya sepakat bahwa mereka antara satu sama lain merupakan bagian dari suatu masyarakat tersebut dan hal tersebut yang disebut sebagai konsensus. Lalu pada bagian volunteer, individu secara suka rela menyesuaikan diri mereka dan menerima nilai dan norma yang berlaku dalam suatu lingkungan masyarakat. Dalam proses penyesuaian diri individu dengan nilai dan norma yang berlaku maka tiap individu akan mengalami yang namanya proses internalisasi dan sosialisasi.

Konsep AGIL Talcott Parson

Dalam menjaga keseimbangan dalam suatu masyarakat, menurut Parson perlu yang namanya menerapkan konsep AGIL. Selain AGIL, Parson juga mengatakan bahwa dalam suatu sistem masyarakat terdapat sub-sistem yang melengkapinya yaitu sub-sistem ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Sesuai dengan asumsi diatas, bahwa dalam suatu sistem terdiri dari beberapa sub-sistem yang melengkapinya, maka berikut penjelasan lebih lengkap mengenai AGIL dan kaitannya dengan keempat sub-sistem tersebut :

  1. Adaptation (Adaptasi) merupakan penyesuaian sistem terhadap tuntutan lingkungan dengan memfungsikan sejumlah fasilitas fisik dan non fisik yang ada. Sub-sistem yang berkaitan dengan Adaptasi ialah sub-sistem ekonomi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline