Lihat ke Halaman Asli

Ervina Damayanti

Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia

Menelusuri Keindahan Alam Tersembunyi di Situ Biru Cilembang

Diperbarui: 29 Desember 2023   16:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dok. Pribadi)

Situ Biru Cilembang merupakan destinasi wisata yang memiliki keindahan alam tersembunyi yang patut untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Kabupaten Sumedang, tepatnya di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buah Dua. 

Situ Biru Cilembang ini menawarkan pengalaman wisata alam yang memukau dengan menyajikan pesona biru dari danau tersebut dan ketenangan yang tidak mudah ditemukan ditempat lain. Untuk menuju destinasi wisata Situ Biru Cilembang, diperkirakan menghabiskan waktu kurang lebih 38 menit dari Kota Sumedang. 

Akses menuju ke Situ Biru Cilembang pun cukup bagus dan dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Wisatawan yang akan berkunjung ke Situ Biru Cilembang juga dapat menggunakan kendaraan umum yang tersedia seperti angkutan umum ataupun menggunakan kendaraan pribadi.  

Untuk tiket masuk ke destinasi wisata ini, tiap orangnya akan dikenai harga sebesar Rp 5.000 per orang termasuk dengan tiket parkir kendaraan yang akan dikenai harga sebesar Rp 3.000 per kendaraan. 

Dari tempat parkir menuju ke lokasi wisata membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua menit dengan berjalan kaki. Destinasi wisata ini dikelola oleh masyarakat sekitar termasuk dengan para pegawai yang ada disana. Saat masuk ke kawasan wisata ini, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan yang menjulang tinggi dan suara alam yang menenangkan.

Saat memasuki kawasan ini, wisatawan akan disuguhkan dengan warung penjual makanan dan minuman yang dikelola masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan pangan wisatawan selama berada di Situ Biru Cilembang. 

Untuk menuju ke lokasi utama Situ Biru Cilembang, wisatawan akan melewati jembatan kecil dengan jalan berbatu. Diharapkan kalian selalu berhati-hati ya ketika berkunjung ke destinasi wisata ini dikarenakan ada beberapa akses yang rusak karena adanya longsor satu tahun yang lalu. Namun, sulitnya akses untuk menuju ke destinasi ini akan terbayarkan dengan indahnya pemandangan dari Situ Biru Cilembang.

Berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar, air yang ada di Situ Biru Cilembang akan tetap berwarna biru walaupun tercampur dengan air hujan. Saat terjadi longsor satu tahun yang lalu pun, banyak pepohonan dan bebatuan yang jatuh ke dalam danau tersebut, namun tidak mengubah warna air tersebut menjadi keruh atau kecoklatan. Masyarakat sekitar tidak menyarankan wisatawan berenang di dalam danau karena danau ini sangat dalam. 

Wisatawan hanya diperbolehkan untuk duduk-duduk disekitar danau, atau sekedar memainkan air dipinggiran danau. Menurut masyarakat sekitar, air biru yang ada di Situ Biru Cilembang ini dipengaruhi oleh Ph air sehingga danau ini memiliki warna air yang indah dan menakjubkan. 

Situ Biru Cilembang ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai dan melepas penat dari hiruk pikuk kesibukan pekerjaan. Dengan udaranya yang sejuk serta pemandangan yang indah, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau sekedar berkumpul bersama teman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline