Lihat ke Halaman Asli

Ervina Pratisya Dewi

Ervina Pratisya Dewi

Mengapa Adanya Komunikasi Sangat Penting dalam Kegiatan Manajemen?

Diperbarui: 8 November 2020   00:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengapa Adanya Komunikasi Sangat Penting dalam Kegiatan Manajemen?

            Semua orang di seluruh penjuru dunia pasti sudah tahu bahwa dalam melaksanakan suatu kegiatan, berinteraksi, berorganisasi, bisnis, dan lainnya sangat memerlukan komunikasi dalam pelaksanaannya. Baik komunikasi secara langsung, maupun secara lisan karena proses terjadinya komunikasi sangatlah luas. Salah satu kegiatan yang sangat membutuhkan komunikasi yakni manajemen. Sebelum itu, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu komunikasi, manajemen, dan juga manajemen komunikasi itu sendiri.

            Komunikasi adalah proses interaksi antar individu atau kelompok untuk menyampaikan  dan mendapatkan  informasi untuk  terhubung  dalam  lingkungan  orang lain. Sedangkan secara  harfiah, manajemen merupakan ilmu untuk menyelesaikan pekerjaan melalui suatu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan  kepemimpinan.

            Lantas, apa manajemen komunikasi itu ?. Pada dasarnya manajemen komunikasi adalah perpaduan konsep komunikasi dengan teori manajemen untuk diaplikasikan dalam berbagai latar tempat terjadinya suatu komunikasi. Oleh karena itu, pengertian manajemen komunikasi adalah bagaimana cara orang mengelola proses komunikasi dalam hubungannya dengan pihak lain dalam konteks berkomunikasi. Kegiatan manajemen sendiri biasanya terdapat disebuah perusahaan.

            Oleh karena itu, beberapa alasan mengapa adanya komunikasi itu sangat penting dalam kegiatan manajemen antara lain, yaitu :

1. Komunikasi itu sendiri berkaitan erat dengan kepemimpinan.

Dikatakan berkaitan karena seorang pemimpin harus mampu mengkoordinir anggotanya dan rekan kerja agar mencapai sebuah keputusan maupun hasil yang diharapkan. Seorang pemimpin juga harus memiliki tingkat komunikasi yang baik. Karena kepemimpinan yang baik terjadi karena adanya komunikasi yang baik pula. Sehingga, antara pemimpin dan anggota mendapatkan sebuah hasil yang menguntungkan kepada kedua belah pihak tanpa ada yang dirugikan. Dan itu semua membutuhkan sebuah komunikasi yang baik dari seorang pemimpin.

2. Komunikasi dapat menjadi jalan terciptanya hubungan baik.

Tentunnya dalam sebuah perusahaan terdapat berbagai macam posisi dan jabatan. Mulai dari pimpinan, wakil pimpinan, manajer, sekretaris, karyawan, dan sebagainya. Tetapi, dengan adanya suatu komunikasi dalam perusahaan tersebut akan terciptanya hubungan yang baik dan rukun antar sesamanya tanpa membeda-bedakan posisi maupun jabatannya di perusahaan tersebut. Tak lupa terjadinya hubungan baik tersebut diciptakan karena adanya chemistry yang erat didalam perusahaan tersebut.

3. Komunikasi dapat menyelesaikan berbagai macam konflik yang terjadi.

Tidak menutup kemungkinan bahwa dalam sebuah perusahaan pasti akan ada suatu konflik. Baik konflik kecil hingga konflik yang terbesar. Oleh karena itu, dalam memecahkan konflik tersebut harus ada kerjasama antara satu dengan lainnya. Dengan cara apa?. Tentu dengan adanya komunikasi yang terbuka. Dan komunikasi tersebut dilakukan dengan cara yang baik-baik sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan tidak akan memperburuk konflik tersebut. Pada intinya yaitu dalam menyelesaikan suatu konflik yang terjadi dalam suatu perusahaan, diselesaikan dengan kepala dingin dan hati yang terbuka sehingga pada akhirnya konflik tersebut baik dari konflik kecil hingga konflik terbesar pun pasti akan terselesaikan dengan sangat baik dan cepat yaitu dengan adanya komunikasi yang terbuka antara satu dengan yang lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline