Lihat ke Halaman Asli

Ervi Aulia

Mahasiswa Universitas PGRI Madiun

Recycle Tempat Sampah Bekas dari Ember Cat sebagai Wujud Peduli Lingkungan di Dusun Cungbelut

Diperbarui: 31 Januari 2024   00:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN - T UNIPMA 2024 Kel.7 (Dokpri)

Rabu, (3/01/24) Mahasiswa KKN-T MBKM Universitas PGRI Madiun atau UNIPMA Kelompok 7 yang berlokasi di Dusun Cungbelut, rt 01/rw 10, Desa Semen, melakukan inovasi pengadaan tempat sampah dari tong atau ember cat yang tidak terpakai diubah jadi tempat sampah.

Perkembangan zaman menggiring masyarakat untuk bertindak semakin kompleks. Kegemaran dengan estetika membuat penggunaan cat warna khususnya cat tembok semakin masif. Hal ini menyebabkan melimpah pula limbah baru berupa wadah cat bekas.Fenomena tersebut memunculkan sebuah ide yaitu melakukan recycle pada limbah wadah cat bekas. Hal ini sebagai upaya untuk mengajak masyarakat cungbelut agar membuang sampah sampah pada tempatnya dan memanfaatkan barang bekas untuk menghasilkan barang serba guna.  

KKN - T UNIPMA 2024 Kel.7 (Dokpri)

KKN - T UNIPMA 2024 Kel.7 (Dokpri)

Program kerja ini meliputi sejumlah kegiatan pemberdayaan yang dilakukan secara tahapan dari minggu pertama KKN berlangsung melakukan peninjauan lokasi, penyusunan program kerja termasuk pemantapan desain, dan juga menyiapkan alat-bahan yang dibutuhkan serta pengerjaan pengecatan timba-timba yang digunakan untuk tong atau ember cat bekas, selanjutnya pembuatan penyangga tempat sampah dari kayu, dengan pengerjaan selama 3 hari berturut-turut. Target realisasi tempat sampah mahasiswa KKN-T Unipma memilih 4 lokasi pendistribusian yaitu Kantor Desa, Masjid, Musholla, dan Pos Kampling di Dusun Cungbelut RT 01, RT 02, dan RT 05, Desa Semen.  

Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih mudah menjangkau tempat sampah serta tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, dalam program kerja ini mampu menciptakan lingkungan sekitar Cungbelut yang asri, terstruktur dan bersih dari sampah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline