Keberhasilan suatu perusahaan tak terlepas dari system pengendalian manajemen yang baik. System pengendalian manajemen berperan sangat penting untuk kemajuan dan pertumbuhan perusahan. Pengendalian manemejen merupakan fungsi pengendalian dalam perusahaan. Kegagalan dalam pengendalian manajemen akan membawa kerugian finasial yang besar, rusaknya reputasi, dan bahkan mungkin bisa membawa kegagalan pada perusahaan.
Menurut Anthony dan Reece (1984:824) mendefinisikan sistem pengendalian manajemen sebagai sebuah sistem yang memiliki fungsi dalam pengendalian setiap aktivitas yang terjadi di dalam sebuah perusahaan dalam upaya menentukan strategi yang sesuai untuk diterapkan dan mencapai tujuan perusahaan tersebut.
Frontliner merupakan sebuah kategori pekerjaan dalam suatu perusahaan biasanya perbankan dan jasa jasa lainnya. Secara umum frontliner bertugas untuk melayani customer secara langsung. Frontliner adalah orang yang bertanggung jawab untuk menangani customer. Frontliner merupakan perwakilan perusahaan atau garda terdepan yang berhubungan dan berinteraksi langsung dengan pelanggan atau konsumen. Misalnya, memberi informasi, solusi, mendengarkan keluhan, dan lainnya.
Frontliner bandara merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kebandarudaraan dan berinteraksi langsung dengan para penumpang pesawat serta pengguna jasa bandara. Sehingga frontliner bandara merupakan cerminan atau gambaran perusahaan karena menjadi orang pertama yang bersinggungan langsung dengan customer.
Tugas frontliner bandara terdiri dari 3 bagian, yaitu :
- Checkin
Yaitu melayani penumpang sebelum keberangkatan atau yang sering disebut juga dengan Freplay Service.
- Gate
Yaitu bertugas untuk memastikan bahwa semua penumpang yang terdaaftar dalam sebuah penerbangan dan sudah memasuki ruang tunggu. Serta membantu penumpang untuk menuju pintu keberangkatan dan naik ke atas pesawat.
- Lost and Found
Yaitu mengecek bagasi penumpang dengan cara menyamakan nomor bagasi yang ada di lebel bagasin masing-masing, serta mengurus kelebihan, kehilangan, dan kerusakan bagasi yang dialami penumpang.
Salah satu bentuk penerapan system pengendalian pada frontliner di bandara adalah melakukan tugasnya dengan sebaik mungkin. Terlepas dari 3 bagian tugas di atas, frointliner juga membantu penumpang atau pengguna layanan bandara yang memerlukan bantuan seperti memberi informasi apa yang dibutuhkan penumpang, menolong penumpang yang membutuhkan pertolongan, dan lain sebagainya.
Sebagai cerminan atau gambaran perusahaan, frontliner berperan penting dalam kemajuan perusahaan. Semakin baik pelayanan frontliner maka kepuasaan penumpang atau pengguna layanan bandara akan semakin baik. Dengan pelayanan yang baik akan menciptakan image perusahaan yang baik pula sehingga tujuan atau kesuksesan perusahaan akan tercapai sebagaimana yang telah direncanakan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H