Lihat ke Halaman Asli

Ersya DwiR

mahasiswa

Pengalaman Terbaik Asistensi Mengajar melalui Quiziz sebagai Media dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMKN 7 Malang

Diperbarui: 1 Desember 2024   19:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi


Asistensi mengajar merupakan sebuah program yang terdapat di Universitas Negeri Malang untuk mahasiswa yang menempuh program studi pendidikan. Dalam hal ini, program Asistensi Mengajar dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dengan mengunjungi sekolah yang telah menjalin kerjasama dengan kampus. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa akan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan serta guru pamong yang bertugas di sekolah dalam menjalankan sebuah program tersebut. Dalam program ini, mahasiswa akan melaksanakan kegiatan akademik dan non akademik. Pada kegiatan akademik, mahasiswa akan menjalankan tugas mengajar di kelas kelas yang telah ditentukan oleh guru pamong, sesuai dengan rencana pembelajaran yang ditetapkan. Sedangkan untuk kegiatan non akademik meliputi berbagai kegiatan yang diselenggarakan baik itu oleh pihak sekolah, seperti program ekstrakurikuler, acara khusus, atau kegiatan lain yang mendukung lingkungan sekolah dengan adanya keterlibatan langsung mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) selama program tersebut berlangsung.

Satu semester bukanlah waktu yang singkat bagi mahasiswa dalam melaksanakan program Asistensi Mengajar. Dalam kurun waktu tersebut, mahasiswa dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga harus menjalin hubungan yang baik dengan berbagai pihak, seperti guru, staf sekolah, dan siswa yang memiliki berbagai karakter dan kebiasaan yang beragam. Dalam hal ini, adapun salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh mahasiswa dalam program Asistensi Mengajar adalah bagaimana mengondisikan peserta didik selama pembelajaran berlangsung, terutama ketika sedang menghadapi siswa dengan tingkat konsentrasi atau disiplin yang berbeda beda. Meski demikian, penulis tidak menganggap tantangan tersebut sebagai sebuah hambatan besar, melainkan sebagai hal yang wajar terjadi dalam dunia pendidikan.

Dalam hal ini, melalui program Asistensi Mengajar, sebagai seorang mahasiswa tentunya diharuskan untuk bisa menguasai dalam hal penggunaan aplikasi maupun teknologi digital. Melalui kegiatan tersebut dapat bertujuan untuk bisa mengasah kemampuan dan pemahaman mahasiswa dalam menguasai teknologi digital di dalam dunia pendidikan. Dalam era digital ini banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menunjang pengetahuan pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, seperti halnya penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran di kelas.

Aplikasi Quizizz merupakan salah satu platform keterlibatan peserta didik yang dapat memungkinkan guru untuk melakukan pembelajaran melalui aplikasi tersebut. Quizizz digunakan sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik, karena dalam aplikasi tersebut bukan hanya berisikan mengenai materi pembelajaran saja namun juga terdapat kuis yang telah dibuat oleh guru. Dalam hal ini, penulis merancang penggunaan aplikasi Quizizz secara berkelompok di kelas, hal tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Dalam implementasinya, peserta didik dikelompokkan secara acak untuk menjawab kuis yang telah dirancang sesuai dengan materi pembelajaran. Sehingga kuis tersebut tidak hanya menguji pemahaman mereka, melainkan juga untuk melatih kemampuan kerjasama dalam tim. Melalui Quizizz tersebut, peserta didik dapat mengambil kuis pada saat yang sama di kelas dan dapat melihat peringkat mereka di papan peringkat. Oleh karena itu, setiap kelompok harus berusaha untuk menjawab pertanyaan dengan benar untuk mendapatkan skor tertinggi.

Adanya elemen kompetisi melalui papan peringkat langsung yang dapat dilihat bersama dengan menggunakan bantuan LCD Proyektor membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan dinamis. Untuk itu, sebagai bentuk apresiasi kelompok yang berhasil meraih peringkat pertama akan diberikan reward hadiah. Reward tersebut tidak hanya menjadi motivasi bagi para peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif, tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar mereka.

Dengan demikian, dapat disimpulkan oleh penulis bahwa penggunaan aplikasi Quizizz dan pemberian reward kepada pemenang di kelas merupakan bagian pengalaman terbaik penulis selama kegiatan Asistensi Mengajar, karena menjadikan kelas menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Tidak hanya itu, Quizizz ini memberikan dampak positif bagi peserta didik untuk meningkatkan minat literasi dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga apabila peserta didik belum mengetahui apa itu Quizizz dan bagaimana cara penggunaannya, melalui kegiatan Asistensi Mengajar ini membuat peserta didik bisa mengetahui salah satu aplikasi teknologi digital yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran serta bertujuan sebagai penunjang media pembelajaran di kelas.


 


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline