Lihat ke Halaman Asli

Ersa AnugrahYassinta

Universitas Nahdhatul Ulama Surabaya

Efek Samping Mengonsumsi Suplemen Peninggi Badan

Diperbarui: 1 November 2023   20:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Hallo sahabat. Seperti yang kita ketahui badan yang tinggi adalah hal yang sangat diidam-idamkan dan dibutuhkan dalam bekerja, Oleh karena itu mulai muncul produk obat peninggi badan yang diklaim dapat meningkatkan tinggi badan seseorang, terutama pada masa pertumbuhan. Menurut sumber yang saya baca, perlu diketahui bahwa penggunaan obat peninggi badan dapat membawa risiko dan bahaya terhadap kesehatan tubuh manusia. 

Menurut halosehat.com ada beberapa efek samping dari mengonsumsi obat peninggi badan, antara lain : 

1. Gangguan Pernafasan

Salah satu efek yang paling sering dirasakan karena tidak cocok menggunakan obat peninggi badan adalah gangguan sesak nafas. Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh menolak semua bahan yang ada pada obat. Tanda awal dari masalah ini adalah batuk yang tidak disertai gejala, tidak saat sedang flu dan tidak pernah memiliki riwayat dengan kesehatan paru-paru. Meskipun beberapa obat peninggi badan mengatakan jika efek ini adalah pertanda bahwa obat sedang bekerja maka bisa saja ini juga reaksi alergi dan awal masalah gangguan kesehatan. Terlebih bagi Anda yang menderita asma, maka efek samping ini harus diperhatikan. Jadi lebih baik jika Anda juga tetap menemui dokter.

2. Demam

Dorongan hormon pertumbuhan yang bekerja pada obat peninggi badan sering menyebabkan tubuh menggigil dan demam. Namun kondisi ini juga sering dikatakan sebagai efek samping yang tidak serius. Tapi hal yang paling ditakuti adalah ketika demam menjadi salah satu reaksi dari peradangan yang terjadi pada beberapa organ tubuh termasuk kondisi kelebihan kalsium dari obat peninggi badan. Reaksi efek samping ini bisa diamati jika selama dua hari berturut-turut demam tidak turun dan selalu naik turun maka Anda harus mendapatkan pengawasan dokter. 

3. Reaksi Alergi

Reaksi alergi karena minum sebuah obat sebenarnya merupakan jenis efek samping yang sangat umum. Dan reaksi ini juga ditemukan untuk orang yang minum obat peninggi badan berlebihan. Gejala yang bisa dikenali dari alergi adalah ruam, gatal berat pada semua bagian tubuh termasuk di dekat persendian, bibir bengkak, ruam di kulit wajah, dan kulit yang sangat sensitif terhadap sentuhan maupun goresan benda tumpul. Reaksi ini bisa sembuh sendiri selama beberapa hari atau bertambah parah. Namun jika sudah menganggu kesehatan tubuh maka sebaiknya Anda segera menemui dokter. 

4. Gangguan Pencernaan

Efek samping yang cukup berat dari obat peninggi badan adalah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan bisa terjadi karena reaksi pencernaan terhadap senyawa dalam obat tersebut atau reaksi tubuh tidak bisa menerima berbagai bahan dari obat. Gangguan yang paling sering terjadi adalah mual, muntah, dan diare. Bahkan jika tetap dikonsumsi maka obat peninggi badan bisa menyebabkan diare akut sehingga membutuhkan perawatan khusus. Selain itu kenali juga jika diare, mual dan muntah merupakan reaksi dari alergi yang berkelanjutan.

5. Sakit Sendi dan Tulang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline