Lihat ke Halaman Asli

Geladi Hominasi

Diperbarui: 21 Oktober 2022   16:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ketika saya mengikuti geladi hominisasi, hari hari sebelumnya yang saya lakukan sebelum mengikuti geladi adalah mengerjakan tugas pra-geladi yang telah dikirimkan 3 hari sebelum geladi hominisasi dilaksanakan. Pada saat geladi dilaksanakan, geladi dimulai dengan pengormatan pada bendera merah putih dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebanyak 3 stanza. Lalu, sesi pengenalan tentang geladi hominisasi dan dilanjutkan dengan berdiskusi dengan teman sekelompok yang telah ditentukan membahas tema yang sudah ditentukan berdasarkan kelompoknya masing masing. Hasil diskusi yang didapatkan selama breakout room lalu dipresentasikan kekelompok yang lainnya. Setelah mempresentasikan hasil diskusi tiap breakout room, satu dari 4-5 kelompok dipilih untuk mewakilkan breakoutroom besar untuk mempresentasikan di main room bersama dengan kelompok lainnya yang dipilih sebagai perwakilan kelompoknya.

Yang saya dapat refleksikan ketika mengikuti Geladi Hominisasi adalah bahwa Indonesia memiliki banyak faktor kekayaan. Mulai dari pangan yang sangat melimpah dan beragam dari Sabang sampai Merauke yang patut kita banggakan dan lestarikan. Ras, agama, budaya, dan Bahasa yang sangat beragam dan berbeda beda tiap daerahnya. Dari Geladi Hominisasi ini juga saya dan teman kelompok saya belajar bahwa banyak sekali orang orang yang mungkin membutuhkan dukungan baik secara mental ataupun fisik agar hari hari yang dijalani tidak terasa sepi dan sendiri.

Ketika kita bernegara, perlunya kemampuan menggunakan logika dan Bahasa sebagai warga negara dikarenakan kita perlu berfikir sebelum menentukan atau melakukan sesuatu. Misalnya sesuatu yang buruk atau yang baik, kita harus bisa menentukan yang mana yang harus dipilih, yang baik atau yang buruk. Ataupun contoh contoh lain yang membuat kita menggunakan logika untuk berfikir. Bahasa perlu digunakan ketika kita berwarga negara dikarenakan Bahasa adalah salah satu media komunikasi yang menyambungkan kita dengan sesama lainnya. Jika menggunakan bahasa yang berbeda ketika berbicara dengan orang lain, maka percakapan yang dilakukan tidak akan tercapai karena perbedaan bahasa yang keduanya dapat membuat kesalahpahaman.

Yang saya dapatkan selama mengikuti geladi hominisasi adalah kemampuan public speaking yang harus ditingkatkan lagi ketika ingin berbicara di depan orang banyak. Senyum harus ditunjukan dan tidak terlalu terpaku dengan teks bahkan lebih baik jika kita menginprovisasi tanpa menggunakan teks. Lalu, yang saya dapatkan ketika mengikuti geladi hominisasi adalah bekerja sama dengan orang lain yang baru pertama kali kenal dan ketemu. Sehingga kita perlu menyesuaikan diri dengan kelompok yang baru kita kenal yang nantinya akan bekerja sama membuat sebuah projek.

Yang pasti akan saya terapkan ketika saya berkuliah setelah mengikuti Geladi Hominisasi adalah public speaking ketika berbicara dengan orang banyak.cara saya dalam meningkatkan kemampuan dalam berfikir dan berbahasa sebagai warga negata adalah dengan lebih percaya diri ketika melakukan sesuatu dan tidak plinplan dalam menentukan jawaban.

             




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline