Lihat ke Halaman Asli

Jangan Bersikap Kaku dan Kasar

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Rasulullah Saw melarang kita untuk berlaku kaku dan kasar , karena mereka yang memiliki sifat kaku dan kasar akan menjadi penghuni neraka. Sebagaimana sabda beliau, “ maukah aku tunjukkan kalian siapa penghuni neraka itu? Yaitu semua orang yang berlaku kaku, kasar dan kejam dan congkak.”

Sebaliknya Rasulullah Saw mengatakan bahwa “ barangsiapa yang berlaku ramah, maka nasibnya akan memberikan kebajikan.”

Perilaku kita terkadang tidak lepas dari sifat kaku, kasar, kejam bahkan congkak terhadap sesama, padahal kita tahu bahwa sifat tersebut akan membuat dan menimbulkan kerusakan bagi kita sendiri dan orang lain.

Belajarlah kita untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, hidup didunia adalah ladang untuk berbuat amal kebajikan, bukan untuk berbuat yang sebaliknya yaitu merusak dan mengotori ladang-ladang kita dengan perilaku tidak terpuji.

Rasulullah Saw adalah pribadi yang sangat bersahaja, dengan segala keramahan dan kesantunannya beliau menyebarkannya kepada siapapun, termasuk kepada musuh-musuhnya sekalipun.

Allah Swt dalam firman-Nya menegaskan, “ janganlah kamu mengikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian kemari mengumbar fitnah, yang sangat enggan berbuat baik, yang melampaui batas lagi banyak dosa, yang kaku dan kasar, selain dari itu yang terkenal kejahatannya, karena dia mempunyai (banyak) harta dan anak. (QS Al Qalam [69] : 10-14)

Hadist Riwayat Bukhari

Hadist Riiwayat At-Tirmidzi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline