Lihat ke Halaman Asli

Membangun Karakter Anak Sejak Dini

Diperbarui: 13 Mei 2016   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.katalogibu.com

Tahukah bahwa anak pada usia dini yakni 0 sampai 6 tahun perkembangan otak mereka berkembang sangat cepat bahkan sampai 80 persen. Pada usia ini anak menerima dan menyerap berbagai macam informasi tanpa tahu apakah itu baik atau buruk. Oleh karena itu banyak yang menyebut masa itu adalah masa golden age atau masa keemasan anak.

Pada masa itu akan menentukan apakah anak akan mampu menghadapi tantangan dalam kehidupannya di masa yang akan datang. Nah, sebagai orangtua tentunya kita bisa memanfaatkan masa golden age anak untuk memberikan pendidikan karakter yang baik bagi anak dengan menumbuhkan Minat belajarnya.

Terkadang kita sebagai orangtua tidak menyadari bahwa sikap kita terhadap anak justru bisa menjatuhkan anak. Misalnya dengan memukul, membentak, memarahi, memaksa anak. Anak akan tumbuh menjadi pribadi rendah diri, minder, penakut dan sifat negatif lainnya. Saat dewasa karakter semacam ini yang akan menjadi penghambat bagi anak untuk mewujudkan mimpinya.

Ayah bunda, itulah pentingnya pendidikan karakter untuk anak usia dini karena akan berpengaruh pada anak saat dewasa nanti. Yuk sebelum terlambat kita didik anak agar memiliki karakter yang baik dan tumbuhkan minat belajar anak sejak usia dini. (ern)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline