Lihat ke Halaman Asli

Erni Wijayanti

Guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi

Gambaran Diri sebagai Guru Penggerak di Masa Mendatang

Diperbarui: 20 November 2022   07:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tugas

1.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2

Bayangkan diri Bapak/Ibu sudah lulus program ini dan telah menjalani peran sebagai Guru Penggerak selama 3 tahun. Pada saat itu, tentunya Bapak/Ibu sudah memiliki kepercayaan diri dan telah membawakan kegiatan-kegiatan yang mewujudkan nilai dan peran sebagai Guru Penggerak. Buatlah kisah narasi tertulis/presentasi PowerPoint/poster/peta pikiran/video/audio sederhana yang dapat menggambarkan kira-kira apa saja aktivitas Bapak/Ibu sebagai Guru Penggerak baik dalam keseharian, atau yang terprogram rutin berkesinambungan, maupun yang sifatnya ad-hoc (khusus). Buatlah sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan nilai-nilai Guru Penggerak (berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif) yang Bapak/Ibu telah dihidupi selama 3 tahun tersebut.

Assalamu'alaikum wrwb.

Salam sahabat hebat semuanya.

Saya Erni Wijayanti merupakan Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 7 dari kabupaten Sukabumi. Saat ini saya bekerja sebagai guru di SMP Negeri 2 Ciracap Kabupaten Sukabumi. 

Terdapat lima nilai yang harus terpatri dalam jiwa seorang Guru Penggerak yaitu mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid.

  • Mandiri berarti seorang Guru Penggerak senantiasa mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya. Bersikap mandiri juga berarti mampu mendorong dirinya sendiri untuk bergerak melakukan inovasi dan perubahan.
  • Reflektif adalah nilai seorang Guru Penggerak yang senantiasa mampu untuk memaknai setiap pengalaman yang ia temui. Setiap pengalaman yang ia miliki dapat ia amalkan dalam kehidupannya sehari-hari. Guru Penggerak yang memiliki sifat ini berarti mampu mengevaluasi kesan positif dan negatif yang ia alami tersebut sehingga refleksi ini mampu menjadi pembelajaran di masa depannya.
  • Kolaboratif berarti Guru Penggerak senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap rekanan dan pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Ia mampu membangun kerja sama dan rasa hormat terhadap perbedaan.
  • Inovatif berarti senang memberikan ide-ide baru yang membangun dan bervariasi. Seorang Guru Penggerak dituntut mampu untuk menemukan solusi tepat guna untuk menyelasaikan masalah yang timbul. Ia pun bersikap terbuka terhadap masukan dan gagasan orang lain untuk mencapai solusi yang solid untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi.
  • Berpihak pada murid berarti Guru Penggerak senantiasa mengutamakan kepentingan dan kebutuhan perkembangan peserta didik sebagai dasar bertindak utama. Apa yang kita siapkan adalah untuk mendukung kebutuhan dan keadaan peserta didik.

Sebagai seorang guru penggerak yang telah berperan selama 3 tahun maka saya akan terus menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai dan peran saya sebagai guru penggerak dalan keseharian. Tentang penanaman nilai dan pengembangannya saya uraiak sebagai berikut.

1. Dalam Keseharian

Sebagai seorang guru penggerak yang telah lulus selama 3 tahun, saya terus menanamkan nilai gue=ru penggerak dalam keseharian

  • Mandiri 

Secara mandiri termotivasi untuk mengembangkan diri melakukan pelatihan-pelatihan tanpa harus menunggu instruksi dari atasan maupun instansi. Dengan mempunyai nilai mandiri saya bisa melakukan aksi nyata untuk melakukan perubahan.

Kegiatan yang saya lakukan diantaranya:

a. Aktiv melakukan pengembangan diri baik dalam konteks pembelajaran maupun sosial masyarakat

b. Merancang, melakukan dan mengevaluasi kegiatan yang saya lakukan secara mandiri.

  • Reflektif 

Sebagai seorang guru penggerak, saya harus bisa berpikir dan bertindak dengan penggunakan dasar pemikiran. Salah satunya adalah dengan terus melakukan refleksi dan juga evaluasi baik itu merupakan hal yang positif maupun yang negatif. Dengan nilai reflektif dan pikiran yang terbuka inilah maka saya dapat melakukan perubahan nantinya.

Kegiatan yang saya lakukan diantaranya:

a. Melakukan evaluasi pembelajaran

b. Melakukan refleksi di setiap akhir pembelajaran

c. Meminta rekan sejawat untuk melakukan supervisi pembelajaran

  • Kolaboratif 

Sebagai seorang guru penggerak, saya harus bisa berkolaborasi, bekerja sama dengan pihak lain untuk dapat

Kegiatan yang saya lakukan diantaranya:

a. Berkolaborasi dengan wali murid dalam pembinaan siswa

b. Berkolaborasi dengan rekan sesama guru dalam menemukan gaya belajar siswa maupun pengembangan metode pembelajaran.

c. Aktif dalam kegiatan MGMP sehingga dapat saling berbagi pegetahuan baru dalam pembelajaran.

  • Inovatif 

Sebagai seorang guru penggerak, saya harus bisa memberikan inovasi sesuai dengan kodrat zaman sehingga dapat memperbaiki mutu dan proses pembelajaran yang saya lakukan. 

Kegiatan yang saya lakukan diantaranya:

a. Membuat media pembelajaran yang bervariasi

b. Membuat media pembelajaran interaktif

c. Merancang kegiatan proyek yang menyenangkan

  • Berpihak pada murid

Sebagai seorang guru penggerak, saya harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang berphak pada murid sesuai dengan kodrat zaman dan kodrat alamnya. hal yanng saya lakukan di antaranya:

a. Menghampiri siswa untuk menyapa dan memberikan bantuan pada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran.

b. Memberikan perhatian penuh kepada murid dengan cara berdiskusi, mendengarkan pendapat mereka sehingga murid merasa nyaman dalam berinteraksi dengan guru

c. Memberikan perhatian yang sama kepada semua siswa tanpa membeda-bedakan.

d. Memahami latar belakang siswa yang berbeda-beda

e. Selalu memberikan support da dukungan kepada siswa

f. Mengunakan teknologi dalam pembelajaran agar menyesuaikan kodrat zaman siswa.

g. Menggunakan media pembelajaran dan praktek dalam pembelajaran


2. Kegiatan Rutin Berkesinambungan.

Kegiatan rutin berkesinambungan saya berfokus pada 4 hal, yaitu: 

1) pengembangan diri dan orang lain.

Pengembangan diri yang saya lakukan diantaranya:

a. Mengikuti berbagai seminar maupun pelatihan-pelatihan

b. Membaca artikel-artikel

c. bergabung dengan komunitas praktisi pendidikan

d. Aktif di organisasi profesi seperti MGMP untuk dapat berbagi dan menjadi narasumber

2) pengembangan kepemimpinan pembelajaran

Sebagai pemimpin pendidikan, seorang guru harus menjadi pemimpin yang disukai, dipercaya, mampu membimbing, berkepribadian, serta abadi sepanjang masa sehingga dapat menyiapkan peserta didik untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang siap beradaptasi, menghadapi berbagai kemungkinan dan tantangan. Yang saya lakukan diantaranya:

a. Memfasilitasi penyusunan tujuan pembelajaran dan standar pembelajaran.

b. Melakukan sosialisasi tujuan pembelajaran dan standar pembelajaran.

c. Memfasilitasi pembentukan kelompok kerja guru.

d. Menerapkan ekspektasi yang tinggi 

3) kepemimpinan manajemen sekolah

Dalam memimpin manajemen sekolah, saya aktif  mewujudkan visi sekolah menjadi budaya belajar yang berpihak pada murid. 

4) kepemimpinan pengembangan sekolah.

Dalam memimpin pengembangan sekolah yang saya lakukan misalnya melakukan pengembangan aplikasi yang digunakan untuk pelaksanaan penilaian akhir semester maupun akhir tahun.






BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline