Lihat ke Halaman Asli

Erni Wardhani

Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Tugas 1.3.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3 Visi Guru Penggerak (IA - BAGJA)

Diperbarui: 3 Oktober 2022   21:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Fasilitator: Bambang Effendi

Pengajar Praktik: Hertin Nopianti

Pada modul ini, saya akan mencoba memaparkan tentang paradigma Inquiry Apresiatif, Kalimat Prakarsa perubahan dan Menyusun BAGJA

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP berlatih menerapkan paradigma Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat kalimat prakarsa perubahannya.
  2. CGP berlatih menyusun BAGJA menurut kalimat prakarsa perubahan diri yang telah dibuat untuk kemudian menjalankannya.

1.Paradigma Inquiry Apresiatif 

merupakan manajemen perubahan yang bersifat kolaboratif dan berbasis kekuatan. Inquiry Apresiatif menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif di sekolah. Jadi, bukan hal negatif yang diangkat, melainkan mengubah hal negative tersebut menjadi bunyi yang positif terlebih dahulu, sehingga akan berdampak positif dan menimbulkan sugesti yang baik pula. Tahapan pertama bisa dengan mengidentifikasi hal positif apa/ potensi yang ada di sekolah, dan mencari cara bagaimana hal tersebut dipertahankan. Dan memunculkan strategi untuk memunculkan strategi untuk mewujudkan kea rah yang lebih positf.

2. Kalimat Prakasra Perubahan

Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila

3.Rancangan Tindakan Perubahan Berdasarkan BAGJA

BUAT PERTANYAAN UTAMA (B)

PERTANYAAN:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline