Lihat ke Halaman Asli

Erni Wardhani

Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Pendidikan Guru Penggerak Modul 1.1

Diperbarui: 11 September 2022   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Salah satu tugas yang harus diselesaikan oleh Calon Guru Penggerak adalah membuat Jurnal refleksi dwimingguan. 

Tugas ini sangat menarik karena kita diintruksikan untuk melakukan refleksi diri dengan cara memahami dan merefleksi masa yang sudah kita lalui, terjadinya perubahan pola pikir dan emosional, serta rasa untuk mau dan ikhlas memperbaiki diri di masa mendatang.  

Di dalam pelaksanaan mengerjakan tugas jurnal refleksi dwimingguan ini, saya menggunakan model 4F, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 

Dr. Roger Greenaway adalah seoerang ahli dalam mendidik dan melatih para guru dan fasilitator. Model yang dikenalkan oleh Dr. Roger Greenaway ini mengenalkan kita akan konsep empat tingkatan model.

Kita akan dituntut untuk berpikir kritis meninjau dan mengevaluasi situasi yang akan diamati dan renungkan, dan selanjutnya memikirkan harus bagaimana dan mengunakan apa yang telah dipelajari di masa yang akan datang.

Sedangkan model 4F tersebut adalah:

1.Fact

Merupakan laporan yang bersifat objektif tentang apa yang terjadi/ peristiwa, baik itu berupa kendala yang kita hadapi, atau bisa juga hal positif yang kita rasakan di dalam melaksanakan proses tersebut, atau apa yang sebaiknya kita lakukan untuk mengatasi berbagai kendala tersebut? Apakah semua yang kita lakukan sudah dapat dikatakan berhasil?, dan lain-lain.

2.Feeling

Feeling atau perasaan merupakan reaksi emosional kita akan situasi yang dihadapi. Misalnya saja, apa yang kita rasakan di saat menghadapi berbagai kendala.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline