Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UMM Prodi Kesejahteraan Sosial Melakukan Praktikum di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo

Diperbarui: 18 Oktober 2022   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sidoarjo, 26 Agustus 2022 -- Mahasiswa Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Program Studi Kesejahteraan Sosial melaksanakan kegiatan Praktikum I Kelembagaan kurang lebih selama satu bulan di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo. Pelaksaan praktikum kelembagaan tersebut merupakan pemenuhan SKS yang ditempuh oleh mahasiswa. Praktikum ini merupakan tugas lapang dari pekerjaan sosial yaitu mulai dari proses intake, assesment, rencana intervensi hingga case conference.

Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo dimana lembaga tersebut merupakan naungan dari Dinas Sosial yang memberikan pelayanan sementara terhadap Gelandangan, Pengemis, Gelandangan Psikotik, Wanita Tuna Susila dan Anak Jalanan. Saat ini lembaga menampung 85% penerima manfaat yang berkategorikan Gelandangan Psikotik atau ODGJ.

Dokpri

Mahasiswa praktikan didampingi oleh pekerja sosial di Balai PMKS untuk melaksanakan tugas lapang. Para mahasiswa praktikan  mengikuti setiap kegiatan yang diberikan pekerja sosial kepada penerima manfaat agar dapat berinteraksi lebih dekat, seperti bimbingan terapi motorik halus dan kasar, latihan konsentrasi, bimbingan keagamaan, kegiatan terapi psikologis, dan ketrampilan. Kegiatan ini merupakan tahapan pertolongan dalam pekerjaan sosial dalam menangani klien, mulai dari pendekatan awal sampai pada case conference. Selain itu mahasiswa praktikan mengikuti kegiatan home visit ke rumah penerima manfaat untuk memberikan informasi terkait kondisi klien selama di Balai.

Kegiatan praktikum berjalan dengan lancar selama satu bulan penuh, serta memberikan kesan yang baik terhadap lembaga. Praktikum ini ditutup pada 26 September 2022 dengan kreatifitas penerima manfaat yang didampingi oleh mahasiswa sebagai pelatih mereka. Pada acara penutupan dihadiri oleh Dosen Prodi Kesejahteraan Sosial Zainal Abidin,S.Sos, M,Si., asisten supervisor Joko Prasetyo, Kepala Balai PMKS Sidoarjo Muhammad Tabrani SH MH., Pekerja Sosial dan beberapa pegawai Balai PMKS Sidoarjo. Kegiatan praktikan selama di Balai PMKS Sidoarjo mendapatkan apresiasi oleh Kepala Balai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline