Lihat ke Halaman Asli

PKM di Kartur Serpong sebagai Wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi

Diperbarui: 2 Januari 2023   09:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang selalu dilaksanakan oleh dosen. Pelaksanaan tersebut bisa berbentuk sebuah pelatihan atau seminar kepada mitra kerja yang dituju. Adapun tujuannya yaitu untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada peserta yang ada di sekitar sesuai dengan bidang ilmu yang diampu oleh dosen. 

Pelaksanaan PKM pada semester Ganjil 2022/2023 telah dilaksanaakan di Karang Taruna (Kartur) Remaja, berlokasi di kecamatan Serpong Tangerang Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu dari tanggal 18 - 20 Nopember 2022. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh 3 dosen dan 5 mahasiswa dari Program Studi Sastra Inggris Universitas Tangerang, dengan judul "Pelatihan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kemampuan Mendengar dan Berbicara melalui Video Percakapan Bahasa Inggris tentang Tourism". Judul PKM tersebut berintegrasi dengan salah satu mata kuliah di Sastra Inggris yaitu Intensive Listening. Listening merupakan salah satu skill (kemampuan) yang diajarkan dalam mempelajari bahasa Inggris. 

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mendengar peserta yaitu dengan memberikan pelatihan lebih mendalam dengan menggunakan media video percakapan berbahasa Inggris. Dari video tersebut akan dipelajari kosakata dan frasa baru dalam bahasa Inggris yang berkaitan dengan tourism. Kemudian peserta diajak untuk melafalkan kata atau frasa yang telah diperdengarkan dengan baik. Setelah itu, peserta akan dilatih dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Dalam hal ini, peserta akan dilatih secara bergantian (drilling) dengan menggunakan kosakata yang ada sebelumnya di video. Tak lupa hal yang harus diperhatikan yaitu upaya untuk memotivasi rasa percaya diri peserta dalam pelatihan ini. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberi semangat dan memberikan reward kepada peserta. 

Semangat dan antusias dari tim PKM dan peserta menjadikan kegiatan pelatihan ini berjalan dengan lancar. Sungguh merupakan kepuasan tersendiri bagi tim PKM bisa mewujudkan kegiatan ini dengan baik. Peserta yang ada di Karang Taruna terlihat ada perubahan postif dalam pemahaman dan pembelajaran untuk Listening dan Speaking Skill. Semoga kedepannya kegiatan di Karang Taruna bisa terjalin kembali dengan lebih baik guna menciptakan anak-anak atau peserta PKM yang berkualitas di bidang ilmu bahasa Inggris.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline