Lihat ke Halaman Asli

Erna Wati

Mahasiswa

Mungkinkah Agama Menjadi Dasar Sistem Ekonomi Islam

Diperbarui: 19 Oktober 2024   06:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ya, Agama Islam dapat menjadi dasar sistem ekonomi, yaitu ekonomi Islam. Sistem ekonomi Islam didasarkan pada prinsip-prinsip syariah atau hukum Islam. 

Sistem ekonomi Islam disebut juga dengan sistem ekonomi syariah. Sistem ekonomi Islam adalah suatu sistem ekonomi yang berlandaskan atas syariah atau norma-norma yang telah diajarkan di agama Islam. Jai segala macam kegiatan ekonomi didasarkan atas al-qur'an maupun hadis. Kegiatan ekonomi sebenarnya sama dengan sistem ekonomi lainnya, tetapi yang membedakan adalah pedomannya, dimana sistem ekonomi ini benar-benar berpegang teguh pada syariat Islam.

Islam merumuskan suatu sistem ekonomi yang berbeda dari sistem-sistem lainnya. Hal ini karena ekonomi Islam memiliki akar dari syariah yang menjadi sumber dan panduan bagi setiap muslim dalam melaksanakan aktivitasnya. Islam mempunyai tujuan-tujuan syariah (maqosid asy-syari'ah) serta petunjuk operasional (strategi) untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan-tujuan itu sendiri selain mengacu pada kepentingan manusia untuk mencapai kesejahteraan dan kehidupan yang lebih baik, juga memiliki nilai yang sangat penting bagi manusia atau masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline