Lihat ke Halaman Asli

Jumpa Berliana MTsN 1 Bantul, Implementasi Hadist Nabi

Diperbarui: 12 September 2024   10:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jumpa Berliana MTsN 1 Bantul (dok pribadi)

Bantul (MTsN 1 Bantul) -- Sugiyono, S.Pd. Kepala MTsN 1 Bantul turun tangan langsung dalam rangka kerja bakti yang dikemas dalam Jumat Pagi Bersih -- Bersih Lingkungan Anda (Jumpa Berliana) pada Jumat (6/9/24). Jumpa Berliana merupakan wujud peduli lingkungan serta mengajarkan siswa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat mereka tinggal. Kegiatan ini menyertakan seluruh siswa siswi beserta seluruh civitas MTsN 1 Bantul.

Siswa tidak hanya diajarkan pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum saja, akan tetapi mereka perlu diajarkan sikap dan perilaku berkarakter sebagai bangsa Indonesia. Kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan madrasah ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap gotong-royong dan rasa memiliki pada diri setiap siswa. Kerja bakti juga mengimplementasikan sebuah hadist nabi.  

Sebagai hamba Allah SWT, kita harus mengetahui bahwa agama Islam adalah agama yang mendorong semua umatnya untuk mencintai kebersihan. "Annadhafatu Minal Iman" yang berarti kebersihan adalah sebagian daripada iman. Ini berarti dalam kehidupan kita harus menjaga kebersihan lahir maupun batin, jasmani juga rohani kita seperti yang sudah dilaksanakan dan sudah tertanam dalam diri Baginda Rasulullah SAW juga para Nabi dan para Shalihin, kata Sugiyono.

Kerja bakti dilaksanakan untuk membersihkan halaman madrasah, mengangkat sampah di belakang dan di depan kelas, membersihkan saluran air, menyapu lapangan olahraga dan masih banyak yang lainnya. Dengan lingkungan madrasah yang bersih dan nyaman diharapkan semangat belajar siswa juga meningkat. Dengan meningkatnya semangat belajar siswa prestasi madrasah juga ikut meningkat. (fat)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline