Lihat ke Halaman Asli

Guru IPS MTsN 1 Bantul Ikuti Diklat Penyusunan Perangkat Pembelajaran

Diperbarui: 9 Agustus 2024   05:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan Diklat Penyusunan Perangkat Pembelajaran (dok pribadi)

Bantul (MTsN 1 Bantul) - Guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) MTsN 1 Bantul yaitu Budi Hartono, Erna Radyanti, dan Mufaizah aktif mengikuti kegiatan Diklat Penyusunan Perangkat Pembelajaran yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS MTs Kabupaten Bantul pada Rabu (07/08/2024) bertempat di MTsN 3 Bantul. Kegiatan ini menjadi ajang bagi para guru untuk belajar menyusun perangkat pembelajaran yang lebih baik.

Dalam sambutannya, Ketua MGMP IPS MTs Kabupaten Bantul, Drs. Sumarno, M.A. menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi aktif para guru. Beliau berharap melalui kegiatan ini, kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran semakin meningkat sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. "Terima kasih atas partisipasinya. Semoga dengan diklat ini, kualitas pembelajaran IPS kita semakin meningkat," ujarnya. "Setelah kita mengikuti diklat ini, saya berharap kita dapat menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang baik," pungkasnya.

Penjelasan materi oleh narasumber (dok pribadi)

Narasumber utama dalam kegiatan ini, Nursanti, M. Pd., guru penggerak yang juga ketua MGMP IPS SMP Kabupaten Bantul, memaparkan secara detail langkah-langkah menyusun perangkat pembelajaran yang efektif. Mulai dari analisis Capaian Pembelajaran (CP), penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), hingga perancangan asesmen yang valid dan reliabel. Nursanti berpesan supaya dalam menentukan tujuan pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan kemampuan siswa, supaya para siswa dapat mencapai ketuntasan. "Bapak Ibu, kalau menyusun tujuan pembelajaran sesuaikan dengan kondisi siswa kita, ojo angel-angel, supaya tujuan dapat dicapai oleh siswa,"  ungkapnya. (fz)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline