Lihat ke Halaman Asli

Kepala MTsN 1 Bantul Terima Pohon Jambu Tandai Akhir Matsama

Diperbarui: 18 Juli 2024   08:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penanama pohon dari Panitia Matsama oleh kepala madrasah. (dok pribadi)

Bantul (MTsN 1 Bantul) -- Kepala MTsN 1 Bantul, Sugiyono, menerima pohon Jambu Jamaika dari ketua panitia Matsama MTsN 1 Bantul, Syaekhul Fatah. Penyerahan pohon ini menandai berakhirnya masa Ta'aruf Siswa Madrasah. Selanjutnya pohon ditanam yang disaksikan oleh siswa peserta Matsama 2024. Penyerahan sekaligus penanaman pohon ini merupakan upaya untuk membumikan kesadaran kepada siswa akan pentingnya keberadaan pohon-pohon di lingkungan madrasah.

Dalam sambutannya, Sugiyono menyampaikan pentingnya peran aktif seluruh komponen madrasah dalam menjaga ekosistem tanaman. "Kita harus menjadi pelaku aktif dalam menjaga lingkungan sejak dini," ujar Sugiyono setelah menanam tanaman. Kegiatan Matsama peserta didik baru di MTsN 1 Bantul memberikan contoh tentang pentingnya menjadi pelaku aktif dalam upaya menjamin lingkungan madrasah yang sejuk dan nyaman.

Selain menyerahkan bibit pohon, panitia Matsama telah merancang sejumlah kegiatan lingkungan seperti pemberian nama-nama kelas dengan menggunakan nama-nama buah dan sayuran, aksi bersih lingkungan, deklarasi madrasah bebas sampah, dan tugas setiap siswa membawa dari rumah sebatang pohon untuk ditanam di lingkungan madrasah. Hal ini sejalan dengan semangat warga madrasah menuju madrasah Adiwiyata untuk menciptakan lingkungan madrasah yang bersih, hijau, dan sehat.

Dalam rangkaian kegiatan Matsama terdapat sesi acara lomba, diantaranya ada lomba cerdas cermat lingkungan yang dikemas melalui sebuah aplikasi Quiziz. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari jajaran guru dan pegawai yang hadir dan menyaksikan acara tersebut. Panitia berharap kesadaran siswa akan menjaga lingkungan sekaligus siswa sejak awal di MTsN 1 mengenal terapan digital dalam sebuah kegiatan. (gik)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline