Lihat ke Halaman Asli

Melalui Matsama, MTsN 1 Bantul Mengenalkan Konsep Moderasi Beragama

Diperbarui: 17 Juli 2024   09:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ahmad Musyadad menyampaikan materi moderasi beragama (dok pribadi)

Bantul (MTsN 1 Bantul)---Masa Ta'aruf Madrasah peserta didik baru MTs Negeri 1 Bantul mengenalkan konsep Moderasi Beragama pada Selasa (16/7/24). Materi disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Ahmad Musyadad S.Ag., M.S.I. Penyampaian materi dilaksanakan di musala Daarul 'Ilmi MTsN 1 Bantul. Materi ini diberikan dengan tujuan untuk menanamkan karakter moderasi beragama kepada peserta didik baru MTsN 1 Bantul. Dengan antusias dan semangat peserta didik baru menyimak materi tersebut.

Ahmad Musyadad menjelaskan bahwa materi moderasi beragama sangatlah penting bagi peserta didik baru. Karakter moderasi beragama lebih menerapkan kecerdasan emosi yang harus berimbang dengan kecerdasan intelektual. Moderasi adalah cara pandang, sikap dan mengambil perilaku mengambil posisi ditengah- tengah, bersikap adil dan tidak ekstrim dalam beragama. Setiap manusia tidak boleh condong ke satu hal saja.

 "Peserta didik harus bisa memahami bagaimana harus bersikap apabila menemukan perbedaan atau diferensiasi di lingkungan madrasah, karena moderasi beragama yang dihadapi madrasah bukan masalah perbedaan agama namun lebih pada perbedaan suku, ras, atau juga golongan. Hal ini yang harus dipahami dan dimengerti oleh peserta didik dan tentunya di implementasikan di kehidupan madrasah," pungkasnya. (tar)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline