Lihat ke Halaman Asli

Erna

mahasiswa

Masjid Safinatul 'Ulum UIN RIL

Diperbarui: 6 Desember 2022   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

saya Erna dari fakultas syari'ah universitas negeri Raden intan Lampung di sini saya akan membahas mengenai keindahan Masjid Safinatul 'Ulum di kampus UIN RIL

Jumat, 12 Rabiul Awal 1443 H bertepatan dengan 17 Desember 2021 menjadi saksi diselenggarakannya sholat jumat perdana di Masjid Safinatul Ulum UIN Raden Intan Lampung.

Pelaksanaan shalat jumat perdana ini dilaksanakan sebagai soft launching peresmian masjid yang rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 23 Desember 2021.

Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg menyampaikan bahwa masjid ini milik kita bersama. "Alhamdulillah, masjid ini sudah dapat kita gunakan. Pembangunan masjid ini dari kita, untuk kita, dan oleh kita," katanya dihadapan jamaah sebelum pelaksanaan Sholat Jum'at.

Prof Mukri memaparkan, Masjid Safinatul Ulum memiliki tiga pintu utama (Bab) yakni Ulul Al-Bab, Ulun-Nuha, dan Ulul Abshar. "Ketiga pintu itu memiliki makna dimensi kecerdasan intelektual, kecerdasan hati, dan kecerdasan spiritual," jelasnya.

masjid Safinatul 'Ulum adalah salah satu masjid terbesar di UIN RIL yang menjadi salah satu tempat ibadah ternyata di UIN selain itu, masjid uin juga banyak di gunakan untuk acara lomba yang di selenggarakan oleh uin dan tempe untuk berdiskusi para mahasiswa karna lingkungan yang luas dan sejuk, selain itu bangunan masjid yang cukup bagus dan menarik untuk di nikmatin tempat nya pun strategi, luas, bersih, dan nyaman.

sampai hari ini masjid Safinatul 'Ulum UIN RIL menjadi pusat untuk lingkungan mahasiswa beribadah yang paling nyaman, selain itu apabila di hari libur banyak masyarakat lingkungan sekitaran uin pun berdatangan hanya untuk solat berjamaah atau pun untuk sekedar menikmati keindahan masjid Safinatul 'Ulum UIN RIL, selain itu biasanya setiap malem Sabtu dan malem Minggu masjid Safinatul 'Ulum UIN di gunakan untuk pengajian mahasiswi UIN yang bertinggal di asrama.

Selain itu masjid Safinatul 'Ulum UIN menjadi daya tarik bagi masyarakat lingkungan uin untuk melihat sekaligus menikmati kesejukan di akhir pekan nya maka tidak heran apabila di hari libur banyak masyarakat yang berdatangan di UIN.

demikian lah pernyataan saya mengenai masjid Safinatul 'Ulum UIN RIL yang saya ketahui.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline