Lihat ke Halaman Asli

Sumber Belajar, Jenis Pendekatan, dan Model Pendekatan

Diperbarui: 17 Februari 2018   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.sumber-belajar.com

Sumber belajar adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan atau mencapai kompetensi tertentu.

Sumber belajar sendiri dapat dibagi 6 jenis yaitu sumber berupa pesan, manusia, bahan, peralatan, teknik atau metode, dan juga lingkungan / setting. Yang mana fungsi dari sumber belajar tersebut adalah a) meningkatkan produktivitas pembelajaran, b) memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya individual, c) memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran, d) lebih memantabkan pembelajaran, e) memungkinkan pembelajaran secara seketika, f) memungkinkan penyajian pembelajaran yang lebih luas.

Yang selanjutnya adalah pendekatan pembelajaran adalah titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran yang merujuk pada pandangan tentang tejadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, yang di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.

Pendekatan pembelajaran sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu student centered approach dan teacher centered approach.

  • Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach), dimana guru melakukan pendekatan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.
  • Pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada guru (teacher centered approach), dimana pendekatan jenis ini guru menjadi titi sentra murid memperoleh informasi. Ilmu yang didapat hanya dari guru.

Yang selanjutnya adalah model pembelajaran, model pembelajaran sendiri dapat diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Model pembelajaran memiliki arti yang sama dengan pendekatan, strategi atau bahkan metode pembelajaran.

Model pembelajaran menurut Kardi dan Nur ada lia macam model pembelajaran yang bisa digunakan dalam mengelola pembelajaran, yaitu: pembelajaran langsung, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berdasarkan masalah, diskusi, dan learning strategi.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran merupakan kerangka konseptual sedangkan strategi lebih menekankan pada penerapannya di kelas sehingga model pembelajaran bisa digunakan sebagai acuan pada kegiatan perancangan kegiatan yang sistematik dalam mengkomunikasikan isi pelajaran kepada siswa untuk siswa mengerti.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline