Lihat ke Halaman Asli

Psikologi PAUD

Diperbarui: 15 November 2015   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Psikoligi PAUD

Pendidikan merupakan proses pengajaran yang tiada henti sepanjang hayat. Proses pendidikan tiada henti sepanjang waktu. Masa pendidikan lebih terfokus pada psikomotor anak serta penanaman akhlak, dan sikap hidup anak didik. Psikologi pendidikan sebagai salah satu cabang psikologi, memberikan kontribusi yang besar terhadap proses pendidikan, diantaranya terhadap pengembangan kurikulum, sistem pembelajaran dan sistem penilaian. 

Psikologi pendidikan adalah cabang psikologi yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam setting pendidikan, keefektifan sebuah pengajaran, cara mengajar, dan pengelolaan organisasi sekolah guna mencapai guna mencapai tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan standar nasional pendidikan. 

Sekarang ini ada kecenderungan anak masuk sekolah sedini mungkin, terutama dikota-kota besar dikarenakan banyak ibu yang bekerja diluar rumah, sehingga anak tidak mendapat pengasuhan atau stimulasi yang optimal. Akan lebih baik jika anda/keluarga dapat mengasuh anak sendiri dirumah karena dengan begitu anda dapat membiasakan anak bertemu dan bermain dengan anak lain yang sebaya, dan beri ia kesempatan pergi dengan orang dewasa lain agar anak kelak tidak pemalu, mempunyai kepercayaan diri dan mudah menyesuaikan diri. 

Dalam kajian psikologi pendidikan telah melahirkan berbagai teori yang melandasi sistem pembelajaran. Kita mengenal adanyan sejumlah teori dalam pembelajaran, seperti: teori classical conditioning, connectionism, operant conditioning, gestalt, teori daya, teori kognitif dan teori pembelajaran lainnya. 

Psikologi pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam penyelenggaraan PAUD, baik itu di lingkungan rumah maupun dilembaga-lembaga penyelenggaraan PAUD. Dengan psikologi pendidikan, kita dapat merencanakan dan mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak usia dini. Kita juga dapat menentukan materi, metode, pendekatan, kurikulum, serta sistem penilaian yang tepat untuk peserta didik.

Semoga bermanfaat....

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline