Lihat ke Halaman Asli

Ermansyah R. Hindi

Free Writer, ASN

Jebakan Semangat Blokir

Diperbarui: 6 Juli 2024   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ermansyah R. Hindi - Dokpri

Meskipun agak kacau di luar, seseorang tetap berselancar ria di salah satu platform media sosial sejak lebih sepuluh tahun yang lalu. Ada hal yang berselang-seling, ketika seseorang begitu senang bergabung di medsos, akhirnya tersenggol oleh keadaan terkekang.

Dalam bahasa gaul, komuk, "kondisi muka" lagi gokil, "lucu banget" tiba-tiba lo ame gue lagi galau karena medsos kesayangan terancam diblokir.

Belum sebulan lamanya, jagat maya ribut soal Kementerian Komunikasi dan Informatika bakal blokir medsos X. Tanpa jeda panjang, para nitizen pun ramai-ramai protes dan sindir Kemkominfo.

Bayangkan, sampai pekan ketiga Juni, sudah lebih 100 ribu postingan dengan tagar #tolakblokirx. Rupanya, protes itu berlanjut ke petisi. Sebanyak lebih 23 ribu orang berbondong-bondong menandatangani petisi.

Pantas muncul firasat aneh. Saya mendadak kepo. 

Ketika saya memandangi berita seputar Kemkominfo berencana untuk blokir medsos X, saya pun masygul lantaran di medsos itulah saya banyak mencomot berita, tulisan, dan hal-hal yang update menarik lainnya.

Cuma gertak-gertak sambel, sok-sokan, dan receh-recehan masalah bikin pejabat negara gercep. Giliran masalah yang nyata dan krusial malah jadi ribet. Nitizen heboh lagi. 

Padahal, jika ingin mengaca, sebenarnya situs-situs dan konten-konten panas kaum seleb alias artis itu bukan barang baru. Sudah jadi modus klasik yang heboh di era kekinian.

Medsos tenar makin ngebut melambung jauh. Ia sudah bukan medsos dadakan, laris jadi sumber berita, yang gampang banget diakses. Jari-jemari yang lincah dan mata nyaris tak berkedip di depan layar medsos. Posting-postingan, kutipan-kutipan, dan komentar-komentaran. 

Lalu, tiba-tiba langit berubah warna. Dari cuitan di X tergerus.

Minat protes melonjak tajam menjadi laris manis, karena medsos X diancam akan diblokir Kemkominfo di tengah derasnya perang narasi yang memang tidak kenal ampun. Jika X jadi diblokir, mungkin bisnis netizen pun mendadak kempes. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline