Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik Kelompok 47

UPN Veteran Jawa Timur

Tingkatkan Daya Saing UMKM, Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur Sosialisasi Digital Marketing Dan Teknik Foto Produk

Diperbarui: 20 Juli 2022   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kamis (19/5) KKN-T Kelompok 47 melaksanakan kegiatan tentang Sosialisasi Digitalisasi Marketing dan Teknik Foto Produk kepada UMKM di Wilayah Kelurahan Dukuh Pakis. Berdasarkan kegiatan yang sudah dilaksanakan, sosialisasi yang diberikan kepada pelaku UMKM bertujuan untuk menambah wawasan dan kesadaran akan pentingnya penggunaan teknologi dalam menghadapi persaingan bisnis di era teknologi. Kegiatan ini dihadiri oleh pelaku UMKM yang bergerak dalam industry ekonomi kreatif.

Hasil dari observasi yang dilakukan ditemukan beberepa permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM salah satunya ialah kurangnya pemahaman dan pemanfaatan penggunaan media digital sehingga pemasaran produk kurang maksimal. UMKM di wilayah kelurahan Dukuh Pakis hanya berfokus pada penjualan offline.

berita-2-62d813473555e459c540fdb5.jpg

Dalam pemaparan yang di sampaikan, sosialisasi berfokus pada penggunaan platform media social Instagram sebagai tempat untuk berjualan dan bagaimana cara pedagang menjadikan Instagram sebagai tempat pemasaran online serta menarik customer untuk membeli. Salah satu cara untuk menarik pembeli ialah dengan memanfaatkan beberapa fitur yang ada di Instagram seperti feed, reels, stories dan live Instagram. Selain itu, disampaikan juga materi mengenai Teknik foto produk yang menarik dan estetik seperti cara menggunakan property yang sesuai dan tidak terlalu banyak agar objek utama terfokuskan. Selain itu, pencahayaan diatur tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap, serta latar belakang (background) yang digunakan ialah tidak bermotif (polos).

Untuk mendapatkan output yang maksimal kami memfasilitasi pembuatan akun Instagram dan google bisnis bagi pelaku UMKM. Selain itu, demi meningkatkan kreatifitas dalam hal foto produk untuk pemasaran, kami mengadakan lomba foto produk yang dilaksanakan pada tanggal 20-23 Mei 2022. Lomba foto produk sangat diminati oleh pelaku UMKM terlihat antusias mereka dalam mengimplementasikan Teknik foto setelah mendapatkan arahan sosialisasi. Hasilnya foto produk yang dikirim untuk dilombakan sangat menarik dan estetik.

Dalam perlombaan ini kami memilih 3 kandidat pemenang yaitu: Azzna Bakery, Java Drink, dan Mbok Lembok Cookies. Peserta yang menjadi juara mendapatkan hadiah berupa paket sembako, sertifikat, dan akun promosi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline