Di zaman era serba digital seperti saat ini memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan teknologi informasi, salah satunya adalah pada pasar finansial. Metode pembayaran saat ini dapat dilakukan melalui kredit maupun debit yang tertagih melalui smartphone. Metode ini disebut juga dengan istilah digital payment atau dompet digital. Ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan produk berbasis dompet digital, salah satunya adalah DANA.
Aplikasi DANA sendiri didirikan oleh Chief Executive Officer (CEO) Vincent Iswara di tahun 2018. DANA sendiri mengusung sistem open platform yaitu konsep yang menawarkan kerjasama dengan berbagai partner baik secara konvensional maupun digital untuk memudahkan para penggunanya dalam bertransaksi di berbagai merchant. Tampilannya pun sangat mudah digunakan oleh siapapun dan terlihat eye-catching. Hingga saat ini sudah tercatat lebih dari 79 juta pengguna di akhir bulan Juli tahun 2021.
Dalam melakukan top up DANA memberikan berbagai macam cara, yaitu melalui minimarket, ATM, m-banking, dan i-banking. DANA juga turut memberikan penawaran lain yaitu dengan menyimpan kartu debit maupun kredit, dan selanjutnya memilih sumber dana dari kartu yang telah disimpan pada aplikasi. Dan untuk mengedukasi masyarakat dalam penggunaan dompet digital, aplikasi ini pun menawarkan cashback serta loyality card yang memudahkan merchant dalam memberikan penilaian lebih kepada para pelanggan setianya.
Aplikasi ini dapat digunakan dalam berbagai macam transaksi seperti penagihan pembayaran, pulsa & data internet, hingga pembayaran e-commerce. Selain itu, pengguna DANA juga dimudahkan dalam transaksi di berbagai merchant favorit menggunakan DANA QRIS yang diharapkan agar pembayaran terjadi secara langsung dan tepat waktu, sehingga lebih banyak masyarakat yang beralih dari pengguna non-tunai dan non-kartu. Juga menawarkan proses transfer antar bank tanpa biaya admin.
Sistem keamanan yang diberikan cukup lengkap dan terjamin. DANA memberlakukan keamanan dengan sistem OTP dan juga PIN pada setiap transaksinya. Dan memberikan jaminan uang kembali 100% apabila terjadi kegagalan sistem pada setiap transaksi.
Kalau begitu, bagaimana cara agar menjadi member DANA?
Cara mendaftarnya pun sangat mudah, yaitu :
- Download aplikasi menggunakan app store maupun play store.
- Masukkan nomor telepon anda yang akan digunakan untuk menjadi akun DANA.
- Anda akan menerima kode OTP melalui SMS
- Masukkan kode OTP yang dikirimkan
- Buat kode PIN sebanyak 6 digit (pastikan anda mengingat selalu PIN tersebut)
- Akun DANA anda pun siap untuk digunakan
Akun DANA tersebut belum bisa melakukan semua transaksi. Ada beberapa transaksi masih terkunci seperti transfer antar bank dan juga penarikan dana dan limit yang ditawarkan pun lebih besar, dari Rp2.000.000 menjadi Rp.10.000.000. Untuk membuka fitur tersebut akun DANA anda harus di upgrade menjadi akun premium. Dalam proses upgrade-pun sangat mudah.
- Siapkan E-KTP anda
- Pilih menu "SAYA" lalu klik "Verifikasi Akun Saya"
- Foto E-KTP anda, pastikan foto E-KTP tidak terpotong dan jelas
- Ambil foto selfie wajah sambil memegang E-KTP
- Pastikan data anda telah sesuai dengan E-KTP
- Tunggu proses verifikasi
Jika proses upgrade anda gagal, anda bisa memerhatikan beberapa poin. Yang pertama pastikan foto E-KTP maupun selfie jelas dan tidak terpotong, ataupun pastikan jaringan internet yang anda pakai stabil hingga proses upgrade berakhir. Bila masih gagal anda bisa menghubungi customer care
Jelaskan dengan detail tentang keluhan anda. Pihak DANA akan membantu secepat mungkin. Dan tidak seperti dompet digital lain, DANA tidak memerlukan waktu lama dan hanya memerlukan waktu hitungan menit saja.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H