Lihat ke Halaman Asli

Inovasi Mahasiswa UNTAG: Strategi Digital Branding dan Marketing pada UMKM "Setia Tempe" Medokan Semampir RW 02

Diperbarui: 14 Desember 2023   13:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Pengabdian kepada Masyarakat

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu aspek penting dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Erlangga Wisnu Kencana adalah salah satu mahasiswa Program Studi Teknik Industri, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dan juga dibantu 2 anggota kelompok yakni Edwin Adi Utomo dan Desy Puspitasari telah berhasil melaksanakan program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mendukung digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Surabaya, khususnya di Kecamatan Sukolilo. Kegiatan pengabdian ini berfokus ke salah satu UMKM yaitu "Setia Tempe" yang ada di Medokan Semampir RW 02 Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur. 

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah multi-tiered. Pertama, sebagai implementasi mahasiswa belajar secara langsung tentang tantangan dan peluang UMKM dalam menghadapi era digitalisasi. Kegiatan ini juga memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh di kelas ke dunia nyata, serta membangun kemampuan komunikasi dan kerja tim. Kegiatan ini sebagai bagian dari pendidikan mereka, mahasiswa belajar secara langsung tentang tantangan dan peluang UMKM dalam menghadapi era digitalisasi. Ini memberi mereka pengalaman praktis yang berharga, memungkinkan mereka mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh di kelas ke dunia nyata.

Dokumen Pribadi

Peran Mahasiswa dalam Digitalisasi UMKM

UMKM memainkan peran kunci dalam perekonomian Indonesia. Mereka menyumbang sebagian besar lapangan kerja dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Namun, banyak UMKM masih menghadapi tantangan besar, terutama dalam mengadopsi teknologi informasi (TI) yang dapat meningkatkan daya saing mereka. Di tengah perubahan zaman yang semakin pesat, adopsi TI dapat membantu UMKM dalam berbagai hal, seperti meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan kualitas produk. Oleh karena itu, mendukung digitalisasi UMKM adalah langkah penting dalam memperkuat perekonomian Indonesia. Dalam kegiatan ini, kelompok mahasiswa bertindak sebagai fasilitator untuk membantu UMKM dalam mengadopsi teknologi informasi. Kegiatan mereka mencakup pelatihan pembuatan logo kemasan dengan aplikasi Canva, pembuatan akun media sosial Instagram dan TikTok, serta penggunaan aplikasi marketplace. 

Sebelumnya, UMKM Setia Tempe milik Bu Puji hanya fokus pada penjualan lokal, terutama di wilayah Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Namun, dalam era digitalisasi yang semakin pesat, Bu Puji selaku pemilik UMKM belum menguasai teknologi informasi yang diperlukan untuk memperluas jangkauan dan bersaing. Ini telah menyebabkan Tempe milik Bu Puji kesulitan untuk mencapai pangsa pasar yang lebih luas. Kegiatan pendampingan ini juga memberikan dorongan kepada UMKM untuk memahami pentingnya adopsi teknologi informasi dalam bisnis mereka. Sebelumnya, UMKM Setia Tempe milik Bu Puji hanya menggunakan aplikasi Messenger seperti WhatsApp, sehingga digitalisasi adalah langkah penting untuk memperluas jangkauan mereka dan meningkatkan daya saing.Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung UMKM Setia Tempe Bu Puji dalam digitalisasi bisnis.

Dokumen Pribadi

Hasil Kegiatan atau Luaran yang dihasilkan

Dalam konteks ini, kegiatan yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 melalui pendampingan digitalisasi, UMKM "Setia Tempe" milik Bu Puji dapat memperbaiki kualitas dan citra produk mereka. Proses pembuatan konten visual melalui aplikasi seperti Canva membantu menciptakan identitas merek yang menarik, memberikan kesan profesional, dan menarik perhatian pelanggan potensial apalagi setelah diunggah ke media sosial seperti Instagram dan TikTok. Kegiatan yang dilaksanakan menghasilkan beberapa luaran antara lain : Proposal KKN, Logbook Kegiatan, Publikasi Media Massa, Laporan Akhir, Konten Visual (Logo, Stiker, Brosur, Poster dan Konten foto dan video).

Dosen Pembimbing Bapak Mahmud Suyuti, M.Kom., berharap bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menjadi penggerak akselerasi digitalisasi UMKM, memperluas akses pasar, serta meningkatkan daya saing mereka. Lebih dari sekadar membantu bisnis UMKM, digitalisasi juga memiliki dampak sistemik dalam perekonomian Indonesia. Selaku dosen pembimbing juga menjelaskan bahwa mendorong potensi UMKM melalui digitalisasi adalah kunci untuk memperkuat
perekonomian Indonesia dan menghasilkan manfaat sosio-ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat. Peningkatan sistemik melalui adopsi digital diharapkan akan membawa manfaat signifikan, termasuk peningkatan pendapatan, Produk Domestik Bruto (PDB), dan peluang kerja. Di penghujung berita, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah salah satu bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi yang melibatkan mahasiswa dalam mendukung digitalisasi UMKM. Mahasiswa Program Studi Manajemen menjadi agen perubahan yang membantu UMKM, termasuk "Keripik Tempe Mbak Dewi", beradaptasi dengan perubahan zaman dan teknologi. Melalui pelibatan mahasiswa sebagai agen
perubahan, UMKM memiliki peluang untuk mengatasi tantangan digitalisasi yang mereka hadapi. Adopsi TI diharapkan dapat membantu UMKM dalam meningkatkan daya saing mereka, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan kualitas produk mereka. Melalui kolaborasi yang efektif antara perguruan tinggi, mahasiswa, dan UMKM, kita dapat mencapai peningkatan daya saing, perekonomian yang lebih kuat, dan manfaat sosio-ekonomi yang lebih luas untuk masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline