Erlangga Shieldo Elia, Mahasiswa Prodi Komunikasi PJJ. Universitas Siber Asia
Ajang pemilihan presiden merupakan event yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia. Kenapa tidak? Hal ini tentu saja dikarenakan pemilihan tersebut yang dilakukan setiap 5 tahun sekali. Selain itu juga menjadi penentu terpilihnya seorang pemimpin negara selama 5 tahun ke depan.
Dalam meningkatkan keberhasilan seseorang terpilih sebagai presiden, setiap calon akan mengusahakan agar ketenaran dan reputasinya meningkat. Hal yang paling umum dilakukan oleh para calon untuk meningkatkan ketenarannya ialah dengan melakukan kampanye secara digital.
Kampanye secara digital (digital campaign) merupakan kegiatan kampanye yang dibangun dengan menggunakan fasilitas sistem teknologi informasi untuk pencapaian pesan kepada khalayak secara masal.
Di dalam pesan tersebut, terdapat fakta serta keunggulan dari suatu obyek kampanye yang diharapkan mampu mempengaruhi khalayak luas secara masal. Hanya saja, hal ini tidak akan berhasil seandainya literasi media digital khalayak sangatlah kurang.
Literasi media digital sendiri berperan sebagai pencari informasi di media digital, penemu informasi dalam media digital, serta pemilah konten dan informasi yang tepat.
Kita ambil contoh salah satu konten media sosial yang berisikan kampanye media digial antara lain adalah pada akun IG @tknprabowo.gibran. Di dalam akun IG tersebut, terdapat beberapa konten media sosial yang berisikan tentang perjuangan Prabowo ketika mencaleg, serta visi dan misi yang dia miliki untuk Indonesia ke depannya.
Dalam akun media sosial tersebut, mengisahkan tentang perjuangan beliau yang sedari dulu ia menjabat sebagai komandan kopassus hingga sekarang. Dikisahkan bahwa beliau dulunya sering dicerca dan dihina dikarenakan kinerjanya yang kurang maksimal.
Namun menurut presiden Abdurahman Wahid, beliau merupakan sosok yang tulus mengabdi kepada negara Indonesia. Pengemasan pesan dan informasi tersebut dalam rupa video inspiratif menjadi penentu kemenangan calon presiden tersebut.
Banyak masyarakat yang iba dan simpati terhadap calon presiden tersebut, dikarenakan dari pembawaan pesan dan pengemasan pesan yang dilakukan. Sehingga, kampanye media digital yang dilakukan di IG @tknprabowo.gibran terbilang sukses dalam memperoleh simpati masyarakat.