Lihat ke Halaman Asli

ERLA SYAH DILLA AILANY

STUDENT OF UNUSA

Resume Materi Bahasa Indonesia Mengenai Sejarah Bahasa Indonesia

Diperbarui: 25 Mei 2021   13:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Resume materi megenai sejarah bahasa Indonesia. | Kompas

NAMA : ERLA SYAH DILLA AILANY

NIM : 2130020042

PRODI :S1 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

KELAS :B

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA

RESUME MATERI "SEJARAH BAHASA INDONESIA"

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Diresmikan penggunaan Bahasa Indonesia adalah setelah satu hari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan. Hal ini bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi di Indonesia. 

Dalam bahasa Indonesia terdapat banyak kata serapan dari bahasa asing juga. Karena sebagai bahasa internasional, ada banyak kata serapan adopsi atau kata serapan adaptasi, contoh : Radio, Editor, Film, Golf, Detail, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Benarkah Bahasa Indonesia Berasal dari Bahasa Melayu? Yuk Kupas Tuntas Sejarah Bahasa Indonesia! 

Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi yang dalam fundi bahasanya memiliki funsi yaitu membawa informasi faktual atau pesan dan mengekspresikan kenyataan sosial serta sikap pribadi. Oleh karena itu kita perlu mengetahui bagaimana sejarah bahasa Indonesia. Agar raca cinta kita terhadap Bahasa Indonesia semakin kuat dan kental. Berikut adalah sejarah Bahasa Indonesia.

Peristiwa pertumbuhan Bahasa Indonesia dimulai pada tahun 1901 (Ejaan van Ophyusen), tahun 1928 (Sumpah pemuda), tahun 1938 (Kongres Bahasa Indonesia I di Solo), pada 18 Agustus 1945 (Peresmian Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu), pada tahun 1947 (Ejaan Soewandi/Repoeblik), tahun 1954 (Kongres Bahasa Indonesia II di Medan), tahun 1956 (Rancangan Ejaan pembaharuan)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline