Lihat ke Halaman Asli

Eri Rizki

Mahasiswa

Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Diperbarui: 13 Juni 2023   06:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Guru  sebagai  penyedia fasilitas pembelajaran harus dapat membuat keadaan di kelas menjadi tenang sehingga membuat siswa lebih nyaman dalam belajar karena peran guru sebagai manager pembelajaran(Siregar, 2018).Itulah sebabnya proses belajar mengajar tidak akan berjalan dengan baik tanpa kehadiran seorang guru. Peran guru dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah sebagai berikut :

  • Merencanakan Pembelajaran Interaktif

Guru profesional harus dapat merencanakan pembelajaran interaktif untuk meningkatkan komunikasi antara siswa dengan guru(Ariani, 2018). Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan kemampuan komunikasi. Untuk meningkatkan interaksi tersebut guru dapat membuat kelompok -- kelompok kecil antar siswa. Sehingga siswa -- siswa tersebut dapat mengutarakan pendapatnya masing -- masing mengenai materi matematika yang dipelajari di depan guru dan siswa lainnya untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematisnya.

  • Mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS)

Dengan mengembangkan LKS dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam mengaplikasikan dan menganalisis konsep matematika(Andriyani, 2017). LKS yang telah dikembangkan tersebut dibagikan oleh guru kepada siswanya secara berkelompok untuk dikerjakan bersama -- sama. Guru disini berperan sebagai pembimbing, jika ada siswa yang bingung bagaimana mengerjakan soal-s0al yang ada di LKS, maka Guru harus memberi pencerahan kepada siswa tersebut agar siswa dapat mengerjakan soal-soal yang ada di dalam LKS tersebut. Guru kemudian meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya.

  • Menciptakan Komunitas di Kelas

Asikin (2002) menjelaskan dalam penelitiannya bahwa peran guru dalam menciptakan komunitas matematika di kelas juga sangat penting, karena peran guru sebagai pendidik harus dikaitkan dengan peran lain sebagai pelatih, peserta atau teman terdekat(Umar, 2012). Dengan komunitas tersebut dapat membangun ikatan yang kuat antara siswa dan guru sehingga komunikasi di kelas menjadi lebih lancar.

Referensi

Andriyani, R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Siswa SMP Kelas VII. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(2).

Ariani, D. N. (2018). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 96--107.

Siregar, N. F. (2018). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), 74--84.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1--9.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline