Lihat ke Halaman Asli

Nur Aini Fajarini

Mahasiswi Universitas Airlangga

Masih Bingung Mengenai Penyakit Menular? Simak Informasi Singkat Berikut Ini

Diperbarui: 17 Agustus 2023   06:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Penyakit, mungkin satu kata ini sering kita dengar di lingkungan sekitar kita, menjadi perbincangan hangat juga masih menjadi PR sampai saat ini. Tidak jarang kita pernah merasakan suatu gejala hingga terpaparnya penyakit tertentu. Pasti akan ada suatu aktivitas yaitu melakukan tindakan bersifat preventif. Bagaimana cara meminimalisir adanya penambahan lonjakan kasus serta pengoptimalan pengobatan menjadi poin besar dalam penanganannya.

Penyakit menular adalah salah satu dari semua kasus-kasus di lingkup kesehatan dimana Indonesia menjadi bagian negara yang mendapati kasus ini. Secara garis besarnya penyakit menular adalah perpindahan suatu penyakit dari orang yang sakit ke orang yang sehat yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. Ada banyak jenis penyakit menular yang patut kita waspadai seperti halnya TBC, HIV, DBD, malaria, influenza, cacar air, bahkan ada juga penyakit menular seksual.

Mengapa banyak orang tertular oleh penyakit menular? Pada dasarnya aktivitas manusia, pola makan, kondisi lingkungan menjadi kunci utama perpindahan penyakit ini. Upaya pencegahan akan selalu dilakukan oleh pemerintah dan dinas kesehatan seperti kampanye kesehatan mengenai bahaya penyakit menular, bagaimana menjaga pola makan yang bergizi dan teratur, serta mengurangi aktivitas-aktivitas yang dianggap dapat memperbesar resiko penyebaran penyakit menular. Selain itu juga terdapat upaya pencegahan dilakukan secara berkala seperti meningkatkan kapasitas, tanggap terhadap ancamannya, tingkat kesiapan dalam penanganan, menyesuaikan metode pengobatan dengan metode terkini, serta selalu melakukan evaluasi untuk dapat menekan penyebaran penyakit menular. Masyarakat pun perlu memahami dan tanggap akan bahaya, gejala, juga tindakan yang diambil sesegera mungkin untuk bisa memutus penularan kepada orang lain.

Sumber referensi : https://www.kemkes.go.id/article/view/19042500004/penyakit-menular-masih-jadi-perhatian-pemerintah.html, https://www.kemkes.go.id/article/view/18030500005/waspadai-peningkatan-penyakit-menular.html, https://repository.unair.ac.id/115844/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline