Lihat ke Halaman Asli

Dampak Teknologi

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Siapa sih di tahun 2010 ini yang gak butuh teknologi? Semua orang butuh, gak bisa jauh" dari yang namanya teknologi. Its 2010 and technology rule the world. Menurutku kalimat ini bener banget. Perkembangan teknologi banyak ngebantu manusia. Teknologi nunjukkin perkembangan yang signifikan bahkan dari jaman prasejarah. Orang sekarang jarang ada yang mau repot kirim surat dgn pergi ke kantor pos dulu, tinggal nyalain komputer atau laptop then send via email deh. Cepat, ringkas, gak butuh waktu lebih dari 5 menit dibanding kalau pergi ke kantor pos.

Semua orang kayaknya udah buta dengan kecanggihan teknologi, gak mikirin apakah ada dampak negatifnya? Jelas ada. Situs jejaring sosial facebook disalahgunakan sama orang" gak bertanggungjawab untuk menipu dan melecehkan. Contohnya kasus Selly Yustiawati yang berhasil menipu korban sampai puluhan juta dengan cara kirim sms mama minta kirim pulsa (plus motif lain yang beragam). Gak sedikit jumlah orang yang terkecoh dan tertipu dengan motif sms butuh pulsa ini.

Gak hanya di Indonesia kok, di negara maju lain banyak terjadi kasus kejahatan di dunia maya. Jenisnya juga banyak banget kayak hacking, identity theft, pornography, piracy dan macem lainnya. Data dari Internet Crime Center nunjukkin kerugian akibat penipuan via internet mencapai lebih dari 2 trilyun rupiah itupun baru di tahun 2007 aja. Kebayang di zaman moderen sekarang dimana semua serba praktis dengan memanfaatkan teknologi.

Memang perlu yah sistem khusus buat ngelacak kejahatan di internet. Misalnya di warnet mulai diberlakukan pencatatan data pemakai, mencakup waktu lamanya pemakaian dan komputer mana yang dipakai. Jadi provider internet terbantu mendata orang" yang jadi pelanggan.

Kita harus hati", jangan terhanyut dengan semua keenakan yang ditawarkan teknologi. Jangan sampai kita terjebak dengan oknum kejahatan dunia maya. Karena gak selamanya kemajuan teknologi itu membantu, ada kejahatan yang menunggu dibaliknya. Soo be careful yaa all!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline