Lihat ke Halaman Asli

Belajar Berpikir Positif

Diperbarui: 26 Juni 2015   09:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mungkin hari ini adalah hari yang sial banget ya buat gue. Gak sepenuhnya sih, tapi pagi ini berhasil bikin gw ketar ketir dan merasa jadi orang yang paling bodoh banget. Jadi 2 minggu ini gw lagi ujian akhir semester di kampus, dan hari ini mata kuliahnya adalah filsafat. Jam ujian dimulai jam 8 dan karena mata kuliah filsafat ini cuma 2 sks so waktu ujiannya lebih cepet, just 1 hours. Gw berpikir filsafat itu agak sulit, perlu pengertian dan lebih teliti karena yaa taulah bahasa filsafat itu agak ribet menurut gw. Butuh lebih banyak pemahaman. And what's happen? Yup.. Gw telat dateng ke kampus, yang artinya ya telat ujian. Ujian dimulai jam 8 sementara gw baru sampe kampus jam 9 kurang!! Wah gak kebayang kan tuh betapa stres dan lemasnya gw sepanjang perjalanan yg macetnya gila banget. Karena bokap gw yg salah tapi dia gak mau disalahin sama sekali, so gw nahan gondok sepanjang jalan. Begitulah orangtua, rata" pada gak mau mengakui salah. Jelas bokap gw telat bangun dan dia malah balik nyalahin gw. Daripada frontal dan gw udah lemes bgtt mikirin nasib ujian filsafat gw, gw lebih memilih untuk silent aja.

Benar kan. Sampai ruangan temen" gw uda pada setengah jalan ngerjain soal sedangkan gw baru dateng!! It make me feel down!! Ditambah pas dosen ngomong "waktunya tinggal 25 menit lagi ya". Abis situ gw uda lemes bgt, pasrah deh gimana nasib ujian gw. Tapi entah dapet kekuatan darimana, gw jadi semangat. Gw gak kesel atau apa, dan gw berusaha untuk tenang ngerjain. Gw abaikan temen" gw yg udh pada selesai dan kluar dr ruangan. I stay focus on my exam. Gw berdoa, narik napas panjang" dan yakin pasti gw bisa ngerjain soal di hadapan gw. Gw berusahan untuk ngusir rasa panik. Yup kalau panik justru yg udah kita pelajarin bakal blank entah kemana. Gw berusaha untuk berpikir positif dan ngambil hikmah aja dari kejadian itu. Yang terpenting kan gw ud berusaha bener kan?

Mungkin emang malaikat lagi bertebaran ya di ruangan itu. Tiba" si pak dosen bilang "rin, saya kasih kamu tambahan waktu. 15 menit cukup yah" sambil senyum sama gw. Mungkin pak dosen ini gimanaa gtu ya liat muka gw yg udh basah keringat lari" demi ngerjain ujian mata kuliah dia. So gw dpt dispensasi waktu. Ditambah ternyata ada 2 orang temen gw yg lebih parah, ujian udah selesai dia baru dateng!! Saat itulah gw merasa bahwa bukan hanya gw kok yg terlambat. Ada 2 temen gw yg lain. Gw bernapas lega dan nyelesain soal ujian gw.

Gw jadi belajar, dengan positive thinking gw bisa nyelesain masalah yang tadinya gw anggap buruk. Gw usir rasa down dan pasrah gw then gw hadapin itu soal ujian. Alhamduliilah, kekejar dan gw berhasil nyelesain ujian filsafat gw. Gw belajar untuk gak menghadapi sesuatu dgn emosi, emosi dan emosi. Coba kalau gw emosi dan panik duluan, yakin gak bakal selesai deh itu soal. Makasih ya untuk Pak Dosen Filsafat yg uda kasih saya dispensasi waktu (gak perlu ditulis deh ya namanya disini). Be positive thinking, believe it can solve your problem!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline