Lihat ke Halaman Asli

Erina Eshal

lingshenyao.id

Cara Mengatasi Sesak Nafas Akibat Asam Lambung Naik

Diperbarui: 7 November 2018   16:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Pada saat asam lambug naik maka akan menyebabkan jaringan dinding pada kerongkongan dan mulut akan terkena iritasi oleh asam lambung. Gejala-gejala yang di akan timbulkan saat asam lambung naik seperti : Muntah, kembung, sakit tenggorokan, sulit menelan, mulut menjadi bau, sering bersendawa, tinja berdarah atau berwarna hitam.

Bahkan ada juga gejala yang lebih parah seperti : sakit dada, sesak nafas, batuk kering, dan gigi menjadi rusak. Yang akan di bahas di sini yaitu mengenai gejala sesak nafas , mengapa karena sesak nafas bisa menjadi ancaman bagi kehidupan.

Bagai manacara mengatasinya ?

Jika pada saat asam lambung sedang naik lalu merasakan sesak nafas , maka segeralah untuk pindah ke tempat yang lebih terbuka dan memiliki sirkulasi udara bebas dan segar. Setelah itu anda coba untuk duduk tegak dan bernafaslah secara perlahan-lahan sambal mengerucutkan bibir.

Cara lainnya anda bisa mengatur diafragma agar bergerak ke bawah supaya dapat memberi ruang pada paru-paru. Lakukan cara ini dengan meletakan tangan di atas perut dan ambil nafas secara perlahan. Lalu biarkan perut anda mengembang sampai tangan anda ikut naik. Hal ini dapat membuat paru-paru terisi dengan cepat oleh udara.

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menahan nafas selama 1 -- 10 detik, kemudian buang nafas melalui mulut. Sesak nafas akibat asam lambung sebenarnya bisa di tangani dengan obat-obatan. Ketika asam lambung naik dan menyebabkan sesak nafas tentunya hal ini merupakan kondisi yang serius. Sebaiknya anda harus mendapatkan perawatan oleh dokter secepatnya.

Bagaimana cara mencegahnya ?

Terlepas dari obat apa yang akan di berikan oleh dokter, kita juga harus bisa mengatur pola hidup yang sehat juga pola makan yang benar. Jika asam lambung sedang naik maka sebainya anda hindari makanan yang berlemak, makanan pedas dan asam. Selain itu pada saat anda makan , lakukanlah secara perlahan agar makanan dapat mudah di cerna oleh tubuh.

Lakukan lah latihan pernapasan seperti yang telah di jelaskan diatas. Dengan melakukan hal tersebut, maka kecil kemungkinan untuk terkena naiknya asam lambung. Dan bagi anda yang perokok , sebaiknya hentikan kegiatan itu , sebab jika anda mengalami asam lambung naik dampaknya akan menimbulkan sesak nafas dan sakit pada dada.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline