Lihat ke Halaman Asli

Ramadan Bulan Turunnya Al Quran?

Diperbarui: 14 April 2022   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Ramadhan selalu datang dan berlalu. Tahun ini kita juga masih dipertemukan dengan Ramadhan. Kehadiran Ramadhan sangat dinanti-nantikan banyak orang. Karena ada yang special dari bulan Ramadhan selain adanya perintah untuk berpuasa menahan makan, minum, dan hawa nafsu, ada juga peristiwa penting yakni turunnya Al Qur'an.

Al Qur'an merupakan kitab suci Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wa salam melalui perantara malaikat jibril secara berangsur-angsur. 

Al Qur'an memiliki kedudukan yang sangat mulia dan digunakan sebagai berita gembira ataupun pemberi peringatan. Bagi pembaca yang fasih , kurang fasih, maupun hanya mendengarkanpun bisa memperoleh pahala. Apalagi di bulan ramadhan ini, yang merupakan turunnya Al Qur'an sesuai dengan QS Al Qadr ayat

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemulian"

Malam kemuliaan atau disebut dengan malam Lailatul Qadar. Malam lailatul qadar dijelaskan ayat selanjutnya yakni malam yang lebih baik daripada seribu bulan, dan pada malam itu turun para malaikat dengan izin Allah untuk mengatur semua urusan. Maka dari itu keberkahan malam lailatul qadar sangat banyak sekali. 

Rasulullah ketika ingin mengatakan kapan terjadinya malam lailatul qadar selalu diberi lupa oleh Allah SWT. Sehingga Rasulullah bersabda :"carilah malam lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan(HR. Bukhari dan Muslim). 

Tujuan dirahasiakan malam lailatul qadar yakni agar umat muslim selalu bersemangat di bulan Ramadhan dari awal sampai akhir. Di sepuluh hari terakhir Ramadhan kita juga dianjurkan memperbanyak membaca doa malam lailatul qadar sebagai berikut,

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibul 'afwa fa'fu 'anni

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pengampun dan mencintai orang yang meminta ampunan, maka ampunilah aku"

(HR Tirmidzi No 3760 dan Ibnu Majah No 3850)

Itu tadi tentang Ramadhan bulan turun Al Qur'an. Sehingga semakin termotivasi untuk selalu memperbanyak amal shalih di bulan ramadhan ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline