Lihat ke Halaman Asli

Erik Tapan

Social Media Health Consultant

Kartu Reminder Kt/V (GRATIS)

Diperbarui: 9 Juli 2022   14:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kartu Reminde Kt/V (GRATIS)

Untuk apa Kartu Reminder Kt/V? 

Tanya jawab

1. Apa manfaat Kartu Reminder Kt/V? 

Agar petugas kesehatan mengetahui bahwa saat itu, mesin sedang diukur Kt/Vnya. Kadang-kadang, karena petugas yang berbeda, jadi saat terminasi, hasil Kt/V, lupa dicatat. Kartu digantung di mesin HD.

2. Apa itu Kt/V? 

Kt/V adalah salah satu parameter pengukuran kebersihan proses cuci darah (istilah kerennya adekuasi). Namanya cuci, ya harusnya hasilnya bersih. Dari mana pasien bisa tahu, kalau darahnya sudah tercuci bersih? Parameter lain, nilai ureum di bawah 50, diperiksa sesudah HD yang diambil dari darah yang keluar dari tubuh, BUKAN darah yang masuk ke tubuh dari mesin. 

3. Apa yang diperlukan dalam mengukut Kt/V? 

Umumnya mesin HD saat ini sudah memiliki program pengukuran Kt/V. Yang diperlukan hanya mencatat: berat badan kering, usia, jenis kelamin dan berapa kali cuci per minggu. 

4. Apa manfaat Kt/V? 

Pertanyaan yang bagus. Manfaat mengetahui nilai Kt/V adalah untuk mengetahui apakah darah kita sudah tercuci bersih atau belum. Jika belum mencapai nilai standard sesuai yang ada di kartu tersebut, berarti belum tercuci bersih dan berisiko mengalami komplikasi jangka panjang. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline