Lihat ke Halaman Asli

Erik Tapan

Social Media Health Consultant

Bisakah Melahirkan secara Normal Setelah Operasi "Caesar"?

Diperbarui: 19 Januari 2018   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.thepicta.com

VBAC mematahkan anggapan harus sesar sesudah sesar

Adalah kodrat setiap ibu umumnya ingin melahirkan bayinya via jalan lahir normal (vagina), namun ada kalanya karena berbagai pertimbangan indikasi medis proses kelahiran itu harus dilakukan dengan operasi sesar demi keselamatan ibu dan bayi.

Terkadang untuk kehamilan anak berikutnya sang ibu ingin melahirkan lewat jalan normal lagi, namun ada suatu pertimbangan medis dari dokter spesialis obgyn karena memperhatikan keselamatan baik ibu dan bayi sehingga diputuskan untuk operasi sesar lagi.

Ada metoda yang disebutVBAC (Vaginal Birth Afer Cesarean). Tentu VBAC ini perlu persiapan yang matang termasuk persiapan operasi segera jika metoda VBAC ini tidak berhasil akibat berbagai sebab saat proses persalinan. Selain membutuhkan kesiapan pasien, keluarga, dokter, dan tim RS, kesiagaan ruang operasi juga perlu dilakukan.

Adalah pasangan suami isteri Ferry dan Sahara melakukan VBAC ini dengan dibantu oleh dokter spesialis kebidanan kandungan, dr. Nana SpOG dan segenap para medis RS, akhirnya pada tanggal 15 Januari 2018 berhasil melahirkan bayinya yang bernama Alvaro Aryo Arrazka dengan proses VBAC.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline