Lihat ke Halaman Asli

Erik Tapan

Social Media Health Consultant

Jakarta Masuk Acara Megacities di National Geographic Channel

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

12915168211613813897

[caption id="attachment_78507" align="alignleft" width="300" caption="Megacities Jakarta di National Geographic Ch."][/caption] Pada tahun 2030 diperkirakan dua dari tiga orang akan bermukim di daerah urban, yang mana merupakan suatu daerah yang paling cepat perkembangannya. Karena itu, National Geographic Channel (NGC) mengangkat kota-kota penghuni para urban antara lain kota Jakarta (thriller awal klik di sini). Selain di NGC, acara Megacities yang membahas Jakarta ini, diputar kembali (re-run) di Metro TV dan TV One. Suatu tontonan yang dibuat dengan sangat menarik karena selain menampilkan kondisi saat ini (al. macet, kumuh, crowded), banyak juga ditampilkan grafik 3D untuk Jakarta masa depan, seperti pembuatan pulau & tanggul di Jakarta Utara (laut Jawa), sistem MRT, dll. Tidak ketinggalan tentunya wawancara dengan pengguna KRL Jabodetabek dan warga Jakarta Timur yang pada tahun 2010 sudah terbebas dari banjir. Kisah dimulai dengan woro-woro yang saya terima dari BBM seperti ini: Hebohnya banjir dan macet di Jakarta sampai menggelitik National Geographic Channel untuk membuat tayangan khusus yang dikemas secara apik, hi-tech, dan edukatif dengan kualitas High Definition (HD). Penasaran? Catat waktu tayangnya  “Megacities: Jakarta”

  1. National geographic Channel (Indovision) 3 Des 19:00
  2. MetroTV, 4 Des 19:05
  3. TV One, 4 Des 21:00

Share this with your fellow Jakartans! Saat membaca itu, terus terang saya membayangkan suatu dokumentasi berupa potret kota Jakarta saat ini dengan segala permasalahannya. Dan memang benar, yang dipotret sebagian hal tersebut (termasuk tayangan suasana car free day dan masyarakat sedang ber-OR di hari Minggu, lihat film-nya di sini), namun yang membuat tayangan ini menarik  adalah disajikannya konsep Jakarta yang sedang berlangsung (yang ternyata banyak yang belum saya ketahui) dan Jakarta masa depan. Jadinya mirip acara developer yang sering kita saksikan di televisi-televisi. Perbedaannya, ini dikemas dengan sangat baik sehingga bisa membuat warga Jakarta bangga akan Jakarta dan tentunya akan makin banyak penduduk daerah lain yang ingin mengadu nasib di Jakarta. Lupakanlah usulan pemindahan Ibu Kota. Menurut tayangan tersebut, masalah  utama yang saat ini harus segera diatasi adalah: sistem pengelolaan tanah, sistem transportasi, sistem pencegahan banjir dan pengolahan sampah. Semua masalah yang timbul tersebut, merupakan akumulasi dari kondisi dan perlakukan penduduk masa lampau, di mana masyarakat Jakarta percaya bahwa alam begitu kaya dan bersahabat sehingga bisa melindungi dan memperhatikan kita semua (jadinya kita bisa berbuat semau gue, buang sampah ataupun nyedot air sembarangan). Ke depan diharapkan masyarakat Jakarta harus sudah memiliki paradigma baru, mau lebih memperhatikan dan menjaga alam sekitarnya. Belajar untuk melindungi alam tempat kita hidup dan menikmati anugerahNya. Materi-materi 3D yang menarik Berikut beberapa materi-materi 3D yang menarik yang disajikan pada acara yang diputar selama 1 jam tersebut:

  1. Guna mengatasi masalah banjir, bisa terlihat bagaiamana usaha pengurukan tanah di laut Jawa sehingga menciptakan pulau-pulau tambahan di Jakarta Utara (kaya' palm tree island di Dubai jadinya  ya, eriktapan). Jadi selain masalah banjir teratasi, di atas pulau-pulau tersebut (ini berbeda dengan di Dubai) bisa dihuni oleh warga Jakarta. Juga akan dibuat tanggul setinggi 3 meter dari permukaan air laut guna melindungi pulau ini dan kota Jakarta tentunya dari bahaya masuknya air laut (rob). Untuk mengurangi amblasnya tanah, dihimbau agar masyarakat bisa mengurangi pemanfaatan air tanah (perlu juga diperhatikan de-water-isasi pembangunan gedung-gedung besar, eriktapan)
  2. Dalam bidang transportasi selain bus way akan dibangun MRT, yang akan membelah Jakarta dari Utara ke Selatan selanjutnya dari Barat ke Timur. Selain station-station di atas tanah, untuk mengurangi biaya pembelian tanah akan dibangun juga station-station MRT  bawah tanah (keren!!, eriktapan). MRT ini akan di-sinergi-kan dengan moda angkutan lainnya seperti: bus, trans Jakarta dan mono rel. Khusus untuk monorol terlihat dibuat hanya di segitiga emas saja.
  3. Untuk sampah, ternyata kalau dahulu sempat heboh karena adanya pihak-pihak yang keberatan menjadi "tempat sampah", namun dengan teknologi, sampah tersebut (yang menghasilkan gas metana) bisa dikelola untuk mendirikan pembangkit tenaga listrik (sumber energi).

Kesimpulan tayangan ini Dari tayangan ini, dikatakan karena masalah saat ini terjadi secara perlahan-lahan tentu untuk perbaikannya tidak bisa secara dilakukan cepat melainkan secara bertahap yang kadangkala tidak disadari oleh penduduk Jakarta. Sebagai contoh persoalan banjir yang saat ini sudah berkurang 30% dibandingkan tahun lalu. Diharapkan akan menjadi 40% (tahun 2011) dan musnah sepenuhnya pada tahun 2016 (liputannya di sini). Bersama kita bisa. Penasaran mengenai program Megacities dari National Geographic Channel? Berikut kutipannya: Megacities takes a revolutionary look at the places where most of us live: the modern Metropolis. Megacities focuses on the single aspect of a city's infrastructure which best informs the life and functions of that place. Each city is examined as an organism: living, breathing, and growing. In order to survive, these infrastructures must each function independently, and yet blend into a harmony of man, machine, strategy and system, which defines it as a mega city. Megacities examines the infrastructure of eight iconic locations around the world: Las Vegas, Mexico City, Hong Kong, London, Paris, Sao Paulo, Mumbai and New York. Through dramatic storytelling, unparalleled access and sophisticated computer graphics blended seamlessly with live action, Megacities takes viewers beyond the monuments - and into the machinery - that is the true, living marvel of each mega city.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline