Lihat ke Halaman Asli

Slang Generasi Muda dan Tua

Diperbarui: 2 November 2021   17:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: katalisnet.coml

Slang atau bahasa gaul sering digunakan oleh orang-orang dalam berkomunikasi di kehidupan sehari-hari. Bahasa gaul di suatu negara itu sangat beragam dan antar negara akan berbeda-beda serta memiliki ciri khas mereka masing-masing. 

Di Indonesia negara kita tercinta juga pastinya memiliki bahasa gaul yang sering digunakan oleh kita sebagai Warga Negara Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa negara kita memiliki banyak sekali suku, ras dan kebudayaan, bahkan provinsi yang ada di Indonesia sampai saat ini berjumlah 34 provinsi yang tersebar di Negara Indonesia.

Sumber: sites.google.com | Alvian Rahardjo

 

Dengan adanya keberagaman tersebut, bahasa gaul atau slang yang ada di Indonesia pun sangatlah beragam yang berasal dari berbagai daerah serta kelompok masyarakat. 

Slang atau bahasa gaul kebanyakan digunakan oleh kaum remaja atau anak-anak usia muda, namun tidak menutup kemungkinan orangtua kita dapat menggunakan bahasa gaul dalam berkomunikasi di keseharian mereka. Berikut beberapa bahasa gaul yang biasa digunakan di Negara Indonesia.

Sumber: bali.tribunnews.com

Menurut sumber yang saya wawancara (orangtua) mereka pernah menggunakan bahasa gaul dalam berkomunikasi dengan oranglain yaitu kata "japri" yang merupakan singkatan dari "jalur pribadi". Contoh dari penggunaan kata "japri" yaitu "Siap nanti saya japri", atau dalam kata lain akan dihubungi secara pribadi antar personal. 

Di generasi muda seperti saya biasa bahasa gaul tersebut digunakan saat berkomunikasi lewat media online menggunakan kata "PC" atau singkatan dari "Private Chat" kata tersebut berarti berkomunikasi secara pribadi antara 2 orang lewat media online seperti WhatsApp. Selain kata "japri" juga ada kata "ambyar" yang digunakan juga orangtua. 

Kata "ambyar" tentunya tidak asing di telinga kita warga Indonesia, yang selain populer karena lagu-lagu Jawa ciptaan Didi Kempot juga kata tersebut sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Ambyar berarti bercerai-cerai, terpisah-pisah, tidak terkonsentrasi lagi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline