Lihat ke Halaman Asli

5 Cara Memakai QRIS Mudah dan Praktis

Diperbarui: 7 Agustus 2024   19:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

langkahmudahtransaksipakaiqris,unsplash.com

Era digital saat ini begitu berkembang, dan tentu didukung oleh teknologi yang tersedia. Hal tersebut juga ternyata ikut serta mengubah cara bertransaksi pada sektor keuangan. Salah satunya adalah inovasi metode pembayaran menggunakan QRIS.

QRIS (Quick Response Indonesia Standard) merupakan suatu inovasi dari Bank Indonesia yang adalah standarisasi pembayaran memakai QR Code. Sesuai dengan namanya , QRIS memakai QR Code dalam bertransaksi agar dapat mempermudah transaksi pembayaran elektronik di Indonesia.QRIS bisa dilakukan dengan berbagai alat transaksi pembayaran elektronik di Indonesia, misalnya e-wallet dan mobile banking. Ini dia tata-cara melaksanakan transaksi ataupun pembayaran menggunakan QRIS:

Cara Membayar Menggunakan QRIS

Dengan keberadaan QRIS, transaksi yang harus dilakukan dalam sehari-hari seperti melakukan jual beli barang ataupun jasa dan lain-lain bisa dilakukan dengan sangat mudah. Transaksi ini bisa dilakukan hanya menggunakan telepon genggam yang tersambung pada e-wallet ataupun mobile banking.

1. Bukalah Aplikasi Pembayaran

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi pembayaran yang mau digunakan. Seperti yang tadi sudah dijelaskan sebelumnya,  QRIS dapat digunakan melalui aplikasi e-wallet dan mobile banking. Bank Mega Syariah juga menyediakan layanan pembayaran untuk menggunakan QRIS dengan aplikasi M-Syariah.

2. Pilih QRIS untuk metode pembayaran

Pilihlah metode pembayaran setelah membuka aplikasi. Kamu dapat memilih metode pembayaran menggunakan QRIS.

3. Scan Kode pada QRIS

Jika sudah memilih metode menggunakan QRIS maka kameramu akan aktif untuk dipergunakan scan QR Code QRIS. Penjual akan menunjukan kode yang harus discan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline