Lihat ke Halaman Asli

Introvert juga Bisa Jago Publick Speaking

Diperbarui: 1 Agustus 2024   12:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Introvertjugabisajagopublickspeaking,unsplash.com

Public Speaking merupakan kegiatan berbicara secara umum ataupun berbicara dihadapan banyak orang sering sekali dianggap sebagai hal yang menantang, terutama bagi orang-orang introvert. Kegiatan tersebut menarik mata publick untuk terfokus pada pembicara, sedangkan bagi seorang introvert hal tersebut dapat membuat dirinya merasa gugup dan sulit mengontrol apa yang ingin dia katakan didepan publik.

Akan tetapi tentu hal tersebut dapat diatasi. Orang introvert bukan berarti tidak bisa publick speaking. Publick speaking dan introvert sebenarnya sama sekali tak ada hubungannya. Namun banyak sekali orang yang mengatakan bahwa "aku nggak bisa publick speaking karena aku introvert. Introvert sendiri adalah sebuah kondisi sesorang yang apabila bertemua banyak orang lain, maka energinya akan menurun. Tapi ternyata banyak juga loh orang introvert yang jago publick speaking. Berikut berbagai tips agar kemampuan publick speakingmu menjadi terasah:

LAKUKAN PERSIAPAN!

1. Aktif berbicara dimanapun itu

Kamu dapat berlatih dimanapun itu dan kapan saja. Hal tersebut bertujuan agar kamu terbiasa berbicara dihadapan orang lain. Mungkin akan sangat tidak mungkin untuk dilakukan untuk pertama kali. Tapi lama-lama kamu pasti akan berkembang asal jangan menyerah.

2. Rajin berlatih

Kamu bisa berlatih berbicara di depan cermin dengan dirimu sendiri, dengan orang tuamu, ataupun teman-temanmu.  

3. Percaya diri

Percayalah bahwa kamu mampu melakukan hal yang bisa sangat mudah untuk dilakukan orang lain. Kalau orang lain saja bisa, maka kamu pasti juga bisa. Katakan saja apa yang ingin kamu katakan, dan jangan lupa untuk mengelola kata-katamu agar bisa mudah tersampaikan kepublick.

KETIKA PUBLIK SPEAKING

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline