Lihat ke Halaman Asli

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pasaman

Diperbarui: 7 Mei 2024   21:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Secara astronomis kecamatan Bonjol ini terletak di arah timur kab.lima puluh kota dimana kecamatan Bonjol ini memiliki luas 194,32 km2 yang di batasi oleh beberapa kecamatan dan kabupaten.

Penduduk kecamatan Bonjol pada tahun 2022 berdasarkan data dari dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten pasaman sebanyak 26.816 jiwa dimana 13.580 di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan 102,60 berjenis kelamin perempuan.

Kecamatan Bonjol memiliki 30 jorong yang terbagi dalam 5 nagari definitif. Di kecamatan Bonjol ini dapat dikatakan jumlah pns nya masih sedikit,dimana tercatat jumlah pns Bonjol Tahun 2022 sebanyak 13 orang yang terdiri dari 12 orang di pemerintah daerah kecamatan Bonjol dan 1 orang di Pemerintah daerah nagari koto kaciak.

Seperti yang kita ketahui kabupaten pasaman memiliki kawasan hutan yang sangat luas,sehingga masyarakat sekitar banyak menggantungkan hidupnya pada hutan di daerah tersebut,masyarakat sekitar membentuk produksi perkebunan seperti karet kering(karet),daun kering(teh atau tembakau),biji kering(kopi dan cokelat),kulit kering(kayu manis dan kina),serat kering (rami) dan lain lainnya.

Pada kecamatan Bonjol sendiri terdapat produksi pangan yang sangat di usahakan seperti jagung,ubi kayu, dan kacang tanah,dengan luas tanam yang paling luas adalah jagung dengan 74 hektar dan luas panennya 68 hektar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline