MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI METODE PROYEK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CEMPAKA PUTIH SURABAYA TAHUN AJARAN 2021-2022
Erika Nina Yuliana
TK Cempaka Putih, Surabaya, Indonesia
erikaninayuliana@gmail.com
ABSTRAK
Kemampuan kerjasama merupakan proses sosial yang sangat penting untuk anak usia dini sebagai tujuan untuk menumbuhkan rasa kasih sayang, Mengenalkan sikap gotong royong dan mengajarkan anak untuk mau berbagi karena anak usia 4-5 tahun masih memiliki sikap yang egosentris , salah satu cara yang diterapkan guna bisa meningkatkan kemampuan kerjasama anak adalah dengan memilih metode pembelajaran yang tepat yaitu dengan metode proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui metode proyek anak kelompok A di TK Cempaka Putih Semampir Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. subyek pada penelitian ini adalah 18 anak kelompok A TK Cempaka Putih Semampir Surabaya yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.obyek penelitian ini yaitu kemampuan kerjasama anak yang meliputi kemampuan berinteraksi,tanggung jawab, dan saling membantu. Metode pengumpulan data yang digunkan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase seluruh aspek menunjukkan 76%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama anak menigkat setelah adanya tindakan kelas melalui kegiatan menggunakan metode proyek. dari data kegiatan pra tindakan menunjukkan persentase kemampuan kerjasama secara keseluruhan adalah 47%. Pada siklus 1 persentase kemampuan kerjasama anak secara keseluruhan 63%. Pada siklus 2 kemampuan kerjasama anak kembali mengalami peningkatan menjadi 83% . dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena persentase sudah mencapai angka yang ditentukan yakni 76%.
Kemampuan kerjasama meningkat melalui metode proyek karena metode proyek mempunyai sintaks pembelajaran yang berbeda dengan metode pembelajaran yang lain. Sintaks pembelajaran yang digunakan adalah sintaks pembelajaran metode proyek 2013, yaitu menentukan pertanyaan mendasar, menyusun perencanaan proyek, pelaksanaan proyek, dan presentasi hasil. Hal ini menjadikan anak lebih meningkatkan kemampuan kerjasama dalam hal berinteraksi dengan teman, tanggung jawab, dan saling membantu.
Kata kunci : Kemampuan kerjasama, metode proyek,anak usia 4-5 tahun.