Lihat ke Halaman Asli

Erika MonalisaDoloksaribu

Mahasiswa Psikologi

Warga Enggan Divaksinasi? Mahasiswa KKN Undip Galakkan Vaksinasi Covid-19 kepada Warga Kelurahan Lestari

Diperbarui: 27 Juli 2021   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Pribadi 

Kisaran (16/07/2021) -- Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir masih menjadi problematika di negeri ini. Dampak yang dialami oleh seluruh masyarakat di berbagai sector, seperti kesehatan, ekonomi, dan pendidikan semakin meresahkan. Banyaknya korban virus Covid-19 juga memprihatinkan. Pasien yang terpapar Covid-19 telah mencapai 3.194.733 jiwa dengan kasus aktif sebanyak 560.275 dan meninggal 84.766 jiwa, per 26 Juli 2021. Meski begitu, angka kesembuhan juga semakin meningkat yaitu 2.549.692 jiwa, per 26 Juli 2021.

Pemerintah saat ini tengah berupaya untuk menekan angka kasus aktif Covid-19. Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya yang sedang digencarkan pemerintah. Sejak 13 Januari 2021, program ini mulai dilaksanakan. Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk mengurangi penularan Covid-19 dan mencapai kekebalan kelompok masyarakat (herd immunity). Hingga 26 Juli 2021, 44.729.320 jiwa telah mendapatkan vaksinasi ke-1 dan 18.129.878 jiwa telah mendapatkan vaksinasi ke-2. Pemerintah menargetkan sasaran vaksinasi nasional di angka 208.265.720.

Walaupun vaksin merupakan solusi untuk penyakit menular seperti virus Covid-19, masih banyak masyarakat yang enggan untuk divaksin. Berbagai alasan pun mendasar perilaku ini, diantaranya ketakutan terhadap efek samping vaksinasi, berita hoax mengenai vaksinasi, dan kurangnya informasi terkait pelaksanaan vaksinasi di daerah setempat.

Dalam mengatasi ketidaksiapan masyarakat untuk vaksinasi, mahasiswa KKN Undip memberikan edukasi mengenai vaksinasi Covid-19 kepada warga di Kelurahan Lestari, Kecamatan Kota Kisaran Timur. Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro mendorong setiap mahasiswanya untuk mengabdi pada masyarakat, khususnya di masa pandemi Covid-19. KKN yang bertajuk KKN Pulang Kampung ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengabdi di kampung halamannya sendiri.

Sumber: Dokumentasi Pribadi 

Edukasi vaksinasi Covid-19 dilaksanakan secara door to door dimana mahasiswa mendatangi rumah warga lalu memberikan pamflet sebagai media edukasi. Mahasiwa KKN memberikan penjelasan mengenai vaksinasi Covid-19 berdasarkan informasi yang telah dimuat dalam pamflet. 

Sembari memberikan edukasi mengenai vaksinasi Covid-19, mahasiswa juga membagikan masker kepada warga yang ditemui di Lingkungan XII, Kelurahan Lestari. Pamflet tersebut memuat informasi mengenai jenis-jenis vaksin yang digunakan di Indonesia, efek samping vaksinasi yang mungkin terjadi, prosedur vaksinasi, dan link yang dapat diakses untuk mendapatkan informasi resmi mengenai Covid-19 dan vaksinasi.

Melalui edukasi vaksinasi Covid-19 ini, diharapkan pemahaman masyarakat terkait vaksinasi Covid-19 semakin baik dan masyarakat siap untuk divaksinasi. Dengan begitu, akan tercapai herd immunity dan  pandemi Covid-19 dapat segera berakhir.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline