Lihat ke Halaman Asli

Analisis Semiotika Iklan WWF Rainforest "We Cut Off Something That Doesn't Grow Again"

Diperbarui: 17 Mei 2018   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://www.brilio.net


Sumber: Eskipaper.com

Sumber: https://men.idntimes.com

Sumber: https://www.pinterest.co.uk

BAB I

PENDAHULUAN

A.Pentingnya Karya Dipilih dan Dianalisis

Poster adalah media komunikasi visual dalam bentuk cetak yang nampilkan gambar-gambar yang menarik dan juga sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada media masa. Jika dilihat poster dibuat dengan perpaduan warna yang menarik, tapi jika diteliti poster memiliki karakter yang kuat dalam menyampaikan informasi yang penekanannya pada gambar dan warnanya.Poster juga disandingkan dengan tulisan-tulisan yang mudah dimengerti  untuk memperjelas informasi dan visual yang ditampilkan dari poster tersebut.

WWF Indonesia merupakan salah satu organisasi konservasi independen terbesar di Indonesia yang telah memulai kegiatannya sejak tahun 1962. Pada tahun 1998, WWF Indonesia resmi  menjadi lembaga nasional berbadan hukum Yayasan. Misi utama WWF Indonesia adalah melestarikan, merestorasi serta mengelola ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia secara berkeadilan, demi keberlanjutan dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan oleh WWF adalah membuat iklan berupa poster tentang pelestarian hutan hujan tropis. Mempromosikan etika pelestarian yang kuat, kesadaran serta aksi konservasi di kalangan masyarakat Indonesia

Menggunakan poster sebagai media iklan sebagai media penyebaran informasi dirasa penting karena keasadaran masyarakat akan dampak negatif penggudulan hutan masi rendah. 

Maka demi mengetahui makna dan maksud dibalik gambar dan kata-kata pada poster ini guna mengatasi kesalahpahaman dalam mengartikan poster

B. Landasan Teori 

Charles Sanders Pierce

Poster adalah media komunikasi visual dalam bentuk cetak yang nampilkan gambar-gambar yang menarik dan juga sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada media masa. Jika dilihat poster dibuat dengan perpaduan warna yang menarik, tapi jika diteliti poster memiliki karakter yang kuat dalam menyampaikan informasi yang penekanannya pada gambar dan warnanya.Poster juga disandingkan dengan tulisan-tulisan yang mudah dimengerti  untuk memperjelas informasi dan visual yang ditampilkan dari poster tersebut.

WWF Indonesia merupakan salah satu organisasi konservasi independen terbesar di Indonesia yang telah memulai kegiatannya sejak tahun 1962. Pada tahun 1998, WWF Indonesia resmi  menjadi lembaga nasional berbadan hukum Yayasan. Misi utama WWF Indonesia adalah melestarikan, merestorasi serta mengelola ekosistem dan keanekaragaman hayati Indonesia secara berkeadilan, demi keberlanjutan dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh WWF adalah membuat iklan berupa poster tentang pelestarian hutan hujan tropis. Mempromosikan etika pelestarian yang kuat, kesadaran serta aksi konservasi di kalangan masyarakat Indonesia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline