Lihat ke Halaman Asli

erika dwiy

Mahasiswa S1

Tidak Hanya Seafood, Inilah 5 Kuliner Halal di Bali Harus Kalian Cicipi

Diperbarui: 6 Juli 2022   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

5 kuliner khas Bali

Penulis & Editor : Erika Dwiyanti

Bogor, 05/07/2022 - Indonesia banyak memiliki ragam budaya, selain budayannya Indonesia juga memiliki banyak kuliner khas dari berbagai daerah yang berbeda. Salah satunya tidak asing dan tidak bukan adalah Bali. Bali terkenal dengan wisatanya yang begitu banyak yang indah serta ke kentalan agama diselimuti budaya yang dianut penduduknya serta banyaknyanya wisatawan yang berkunjung dari dalam hingga luar negri.

Mendengar kata Bali dan makanan khasnya, sudah pasti yang terpikirkan adalah makanan olahan babi, karena begitu banyaknya restoran dan rumah makan yang menawarkan makanan non halal.

Untuk wisatawan muslin janga khawatir, sekarang di Bali juga banyak loh makanan Halal yang super lezat dan tentu harganya murah meriah pastinya cuma bisa ditemui di Bali.

1. Nasi Pedas Bu Andika

Pastinya sudah tidak asing mendengar kuliner yang satu ini karena sudah banyak dari kalangan artist, selebgram dan influencer datang untung mencicipi nasi pedas bu andika ini. Untuk mencoba kalian bisa datang ke area pantai kuta di jl raya kuta dekat dengan outlet joger oleh-oleh khas Bali, selain di jl raya kuta nasi pedas bu andika memiliki 2 cabang lainnya yaitu di  jl blambangan no 55 kuta, badung dan jl patih jelantik ruko no 9 legian. Harganya sendiri untuk nasi campur berkisar 20 ribu rupiah tergantung dari lauk yang kita pilih. Nasi pedas bu andika ini buka 24 jam. Rekomendasi nasi pedas bu andika ini sangat cocok bagi kalian pencinta pedas tetapi untuk yang tidak suka pedas juga bisa banget untuk mencoba karena banyaknya lauk-lauk yang ditawarkan.

2. Sate Lilit

Jangan takut mencoba sate-satean di Bali, Sate yang satu ini terkenal dengan kehalalannya karena berbahan baku dari ayam atau ikan yang sudah digiling. Yang membedakan dari sate-sate Indonesia yang lainnya adalah karena biasanya sate ditusuk menggunakan lidi atau bambu, sate lilit khas Bali ini menggunakan batang serai untuk menjadi pegangan saat dibakar. Serai sendiri dipercayai bisa menambahkan aroma pada sate lilitnya. Untuk menemui sate lilit sangat mudah untuk dicari karena ditawarkan di restoran besar ataupun kecil yang ada di Bali. Harga sate lilit berkisar dari Rp. 15.000 hingga Rp. 50.000. 3 rekomendari warung untuk makan sate lilit adalah warung wardani di jl yudistira no.2 denpasar utara dan jl waringin no 3 kuta utara buka pukul 08.00 - 16.00 WITA, warung sate lilit be paseh di Jalan Pemuda III No. 24, Renon, Denpasar Selatan buka pukul 09.00 - 22.00 WITA, dan warung sate lilit pak komang di jl Jalan Raya Sukawati No. 75X, Sukawati, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar 100 meter dari pasar seni sukawati buka pukul 12.00 -16.00 WITA.

3. Nasi Jinggo

Nasi khas Bali yang dibungkus dengan beberapa lauk yang di kemas berukuran kecil seperti nasi kucing yang bersal dari Jogjakarta dan tentunya menggunakan daun pisang juga. Nasi jinggo biasanya dimakan pada saat sarapan bahkan saat lapar di tengah malam karena porsi yang tidak terlalu banyak tetapi mengenyangkan. Nasi jingo ini sudah ada sejak dahulu. Harga yang untuk nasi jingo sendiri sangat murah meriah yang dibandrol dengan harga 5 ribu rupiah satu porsinya. Beberapa rekomendasi tempat untuk membeli nasi jinggo yang enak yaitu nasi jinggo simpangan di daerah uluwatu, Denpasar. Buka pukul 7 malam hingga jam 1 dini hari, nasi jinggo diponegoro terletak di jl Nasi jinggo ini berlokasi di jalan Diponegoro, Denpasar tepatnya di emperan toko - toko Kertajaya buka pukul 10 malam hingga dagangan habis, nasi jinggo kuta berlokasi di pantai kuta biasanya menggunakan sepeda motor dan mangkal di daerah parkiran pasar seni Pantai Kuta penjual nasi jinggo ini mulai berjualan pada saat sore hari. Jangan sampai menyesal berkunjung ke Bali tetapi tidak mencoba makanan yang satu ini karena sangat amat layak dan terjangkau.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline