Lihat ke Halaman Asli

Ririe aiko

Penulis, Pengajar dan Ghost Writer

Gebrakan Idola Baru Generasi Bangsa "Clash Of Champions"

Diperbarui: 13 Juli 2024   14:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi sumber:https://www.cnnindonesia.com/hiburan/

Beberapa minggu terakhir ini, publik dibuat viral dengan sebuah game show yang diadakan oleh Ruang Guru. Acara Clash Of Champions yang pertama kali ditayangkan pada tanggal 29 dan 30 Juni 2024, langsung mendapat respon positif dari masyarakat. Mengusung tema game show adu kecerdasan, dimana mahasiswa dari berbagai Universitas berkumpul untuk saling berkompetisi. Acara yang menurut saya patut diacungi jempol, karena selain memberikan atmosphere ketegangan yang luar biasa, acara ini juga bisa memotivasi generasi bangsa untuk bisa lebih maju. Selama ini generasi bangsa kita terlalu banyak mengkonsumsi tayangan 'sampah' yang lebih banyak mengglorifikasi kekayaan, adu gaya, dan bahkan meracuni anak bangsa dengan tayangan yang tidak mendidik. Alhasil banyak sekali anak muda bangsa yang lebih suka joged tik tokan, mabar mobile legend atau bahkan cek khodam.

Mindset bangsa yang mulai berubah tentang penting dan tidaknya pendidikan, dipengaruhi juga oleh banyaknya tayangan yang kian viral di masyarakat, salah satu contohnya ketika banyak orang bisa sukses hanya dengan joged-joged di tiktok, maka akan semakin banyak orang beranggapan "Sukses itu tidak hanya dari pendidikan, Toh, tinggal live tik tok juga bisa dapat uang!" mindset seperti itu akan membuat orang berpikir "Nggak usah belajar, nggak usah pintar, yang penting bisa dapat banyak uang!" 

Ketika seseorang beranggapan bahwa uang adalah segalanya, maka variabel lain akan dianggap tidak penting. Padahal tolak ukur sebuah kesuksesan itu tidak tergantung pada banyaknya uang yang dimiliki, karena seberapa banyakpun uang yang bisa kita miliki, tidak akan berarti apa-apa, kecuali kekayaan itu kita manfaatkan untuk jalan kebaikan. Itulah mengapa agama pun mewajibkan kita untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya, bukan untuk mencari kekayaan sebanyak-banyaknya. 

"Seseorang yang berilmu  tidak selalu menjadi kaya dan sukses, tapi seseorang yang berilmu bisa membedakan kebaikan dan keburukan. Setidaknya  seseorang yang berilmu bisa melakukan perubahan yang lebih baik di masa depan"

Di dunia yang penuh dengan kekacauan ini, kita butuh sebuah harapan kecil tentang adanya perbaikan di masa depan, yang mungkin baru bisa terwujud oleh generasi anak cucu kita kelak. Generasi maju yang pintar, baik dan berilmu yang bisa memperbaiki hal-hal rusak yang kian merajalela saat ini. Oleh karena itu penting bagi orangtua membekali anak dengan pendidikan yang baik, serta asupan tayangan yang positif sebagai upaya untuk membentuk karakter generasi maju di masa depan.

Clash Of Champions merupakan salah satu gebrakan yang patut di apresiasi dan sangat layak untuk dijadikan tontonan, sosok para pemain dengan basic pendidikan tinggi dan prestasi luar biasa, bisa membuat anak-anak bangsa ikut terinspirasi untuk bisa menjadi orang-orang jenius seperti mereka.

"Dikagumi karena prestasi jauh lebih memiliki value daripada sekedar dikagumi karena pesona diri"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline