Lihat ke Halaman Asli

erika cahyani

mahasiswa

Pentingnya Digital Marketing bagi UMKM

Diperbarui: 20 Mei 2023   15:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkembangan  teknologi  informasi  telah  mengubah  lingkup  dunia  pemasaran dalam   beberapa   tahun   terakhir   ini.   Metode   komunikasi   pemasaran   yang sebelumnya  bersifat  tradisional  dan  konvensional,  kini  telah  terintegrasi  dalam dunia   digital   (Ascharisa,   2018).   Kegiatan   pemasaran   yang   memanfaatkan kecanggihan teknologi digital seringkali disebut dengan digital marketing. Digital marketing terdiri   dari   pemasaran   interaktif   dan   terpadu   yang   memudahkan interaksi  antara  produsen,  perantara  pasar  dan  calon  konsumen  (Purwana  et  al, 2017). Di era sekarang ini, para pelaku UMKM hendaknya bisa memanfaatkan media digital  sebagai  salah  satu  upaya  pemasaran  produknya  sehingga  konsumen  lebih mengenal  produk  yang  dihasilkan  oleh  UMKM  tersebut.UMKM  yang  memiliki akses online,   terlibat   di   media   sosial,   dan   mengembangkan kemampuan ecommerce-nya, biasanya akan menikmati keuntungan bisnis yang signifikan baik dari  segi  pendapatan,  kesempatan kerja,  inovasi,  dan  daya  saingAkan  tetapi, masih  banyak  UMKM  yang  belum  menerapkan  teknologi  informasi  khususnya menggunakan  media  digital  dan  belum  mengerti  seberapa  besar  manfaat  dan peranan penggunaan media digital tersebut. (Wardhana, 2018)

Salah  satu  media digital  marketingyang  sering  digunakan  adalah  Googe Bisnis. GoogleBisnis  merupakan  aplikasi  gratis  yang  dapat  digunakan  untuk membantu  agar  bisnis  para  pelaku  UMKM  dapat  ditemukan  di  berbagai  produk Google, seperti di Maps dan penelusuran. Jika pelaku UMKM menjalankan bisnis yang  melayani  pelanggan  dilokasi  tertentu,  atau  melayani  pelanggan  di  area layanan  yang  ditentukan, GoogleBisnis  dapat  membantu  orang  lain menemukan bisnis UMKM tersebut. (Ridwan et al, 2019)

Media lain yang juga seringkali digunakan dalam digital marketing adalah media sosial, salah satunya Instagram. Instagram memiliki fitur Akun Bisnis yang memudahkan   pelaku   bisnis   untuk   membuat   profil   bisnis   di Instagram dan mengoptimalkan  kegiatan  bisnis  dengan  memanfaatkan  media  sosial  tersebut. Dengan  fitur  ini,  perusahaan  dengan  berbagai ukuran  dapat  memperkenalkan profil   bisnisnya,   memperoleh   wawasan tentang   pengikut   dan   kiriman,   serta mempromosikan kiriman untuk mendorong tujuan bisnis. (Rachmawati, 2018)

Adapun Mitra dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah Meubel Rapi Sari yang  bergerak  dalam  bidang  usaha  produksi dan  jual  beli  barang  furniture yang sudah sangat lama berdiri di Kota Banjarmasin, yaitu lebih dari 30 tahun.  Dalam kegiatan  jual  beli  furniture  di  Banjarmasin,  Rapi  Sari  Meubel  termasuk  yang paling pertama membuka usaha di bidang tersebut serta yang paling lama bertahan hingga  saat  ini.  Akan  tetapi  dalam  kegiatan  pemasarannya  masih  sangat  minim dan  cenderung  masihtradisional.  Untuk  itu  perlu  diberikan  pelatihan  tentang pentingnya  pemanfaatan digital  marketingagar  sistem  pemasarannya  menjadi lebih  baik  sehingga  dapat  memperluas  cakupan  target  usahanya  serta  dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi. Selain itu mitra juga diberikan bantan  dalam  membuat  akun  di  media  digital  (Googlebisnis  dan Instagram) beserta  cara  mengelola  media  digital  tersebut  secara  optimal  untuk  kebutuhan promosi usaha UMKM.

Di  era  sekarang  ini,  para  pelaku  UMKM  hendaknya  bisa  memanfaatkan media  digital  sebagai  salah  satu  upaya  pemasaran  produknya  sehingga konsumen lebihmengenal produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut. Perkembangan   teknologi   digital   memungkinkan   para   pelaku   UMKM untuk  memasarkan  produknya  secara onlinedan  melakukan  transaksi melalui sistem perbankan secara onlinepula. UMKM  merupakan  salah  satu  sektor  usaha  yang  penting  di  Indonesia karena  memiliki  peranan  yang  penting  bagi  pertumbuhan  ekonomi  di Indonesia.  Akan  tetapi,  masih  banyak  UMKM  yang  belum  menerapkan teknologi  informasi  khususnya  menggunakan  media  digital  dan  belum mengerti  seberapa  besar  manfaat  dan  peranan  penggunaan  media  digital tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline