Lihat ke Halaman Asli

M. ERIK IBRAHIM

🐇🦢🌱Berakit Rakit Ke hulu, Berenang renang ketepian, aku bersungguh sungguh untuk kamu, TAPI, kamu malah demikian🌴🌿

Wow, Ternyata Ada Fauna yang Mempunyai Kecerdasan tang Tinggi Loh! Berikut Faktanya

Diperbarui: 14 Februari 2022   13:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fauna Cerdas di Dunia/cekaja.com

Assalamualaikum.Wr.Wb. Gimana nih kabar sobat hari ini, semoga sobat semua sehat wal afiat ya. Halo sobat, Tahukah kamu, bahwa Fauna didunia juga memiliki kecerdasan lhoh, apa saja sih kecerdasan yang dimiliki fauna ini,yuk simak berikut ini

Lumba Lumba/cnnindonesia.com

  • Lumba Lumba

Lumba-lumba merupakan hewan mamalia yang memiliki kecerdasan yang sangat baik, ditambah lagi dengan sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Contohnya adalah ketika kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan hambatan air yang sedikit. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

Lumba Lumba dikatakan hewan yang sangat cerdas karena ia memiliki keistimewaan. Kecerdasan yang dimilikinya dapat dibuktikan dengan menemukan jalan dengan cara mengirim suara di dalam air. Selain itu, lumba-lumba dapat berkomunikasi, dan sebuah penelitian menyebutkan lumba-lumba sebagai hewan yang paling cerdas, melebihi simpanse. Adapun kecerdasan lumba lumba yang lain dapat dikutip dari The Guardian, di Institut Studi mamalia Laut di Mississippi. Ia dilatih untuk mengumpulkan sampah yang jatuh ke dalam tangki dan disuruh diberikan kepada pelatih dengan imbalan sebuah makanan berupa ikan.

Gurita/bladjar.com

  • Gurita

Gurita merupakan makhluk laut bertubuh lunak yang masuk kategori Cephalophoda. Ia memiliki ciri ciri kepala bulat dan 8 buah lengan atau biasa disebut tentakel dengan alat pengisap berbentuk bulatan cekung di setiap sisinya untuk bergerak dan digunakan untuk menangkap mangsa

Gurita memilki kecerdasan yang tinggi dengan dibuktikan oleh gurita bernama Paul asal Jerman selalu tepat dalam memprediksi hasil ramalan pertandingan Piala Dunia 2010. Hal itu disebabkan karena Gurita memiliki tingkat intelegensi yang tinggi dibanding dengan hewan laut yang lainnya.

Foto Gajah/Muhammad Mahdi Karim

  • Gajah

Gajah termasuk keluarga dari Elephantidae dan ordo Proboscidea. Secara umum , terdapat dua spesies yang diakui, yaitu Gajah Afrika dan Gajah Asia, meskipun ada bukti menunjukkan bahwa Gajah Semak Afrika dan Gajah Hutan Afrika merupakan spesies yang berbeda. Gajah dapat ditemukan di seluruh Afrika tepatnya di Sahara, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Sahabat, Tahukah kamu bahwa Elephantidae adalah satu-satunya famili dari ordo Proboscidea yang masih dan famili lain yang kini sudah punah adalah mamut dan mastodon

Sobat, Tenyata Gajah juga memiliki kecerdasan yang tinggi lhoh. Hal ini disebabkan karena ia memiliki otak terbesar dari semua hewan darat lainnya, dan neuron tiga kali lebih banyak daripada manusia.Rata-rata sekitar 5 kilogram, otak gajah Afrika dewasa adalah yang terbesar di antara mamalia darat yang masih hidup. Otak Gajah yang baru lahir memiliki ukuran sekitar setengah dari ukuran otak gajah dewasa, ini menunjukkan bahwa periode masa yang berkepanjangan untuk otak di mana lingkungan akan secara signifikan membentuk struktur mikro neuron.

Adapun fakta lain dari Gajah adalah ia memiliki ingatan yang sangat baik. Mereka dapat mengumpulkan dan mempertahankan pengetahuan sosial dan ekologi. Ia juga dapat mengingat aroma dan suara sejumlah individu dan tempat lain selama beberapa abad.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline