Lihat ke Halaman Asli

Penerapatan Nilai-Nilai Pancasila dalam Munggangsari Tradisional Fest oleh Mahasiswa Unnes Giat 9

Diperbarui: 17 Agustus 2024   07:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Pribadi

Dalam rangka mewujudkan nilai-nilai pancasila Mahasiswa Unnes Giat 9 di desa Munggangsari kec. kaliangkrik Magelang mengadakan kegiatan Munggangsari tradisional fest bertempat di SD Negeri Munggangsari pada 14 Agustus 2024. Kegiatan tersebut berisi berbagai macam kegiatan seperti lomba membaca dogeng, geguritan, dan lomba permainan tradisional (balap karung, bakiak, dan estafet balok) yang diikuti oleh kelas1,2, dan 3. 

Tidak hanya itu dalam acara tersebut juga terdapat perlombaan yang mengangkat nilai budaya Jawa yaitu lomba membaca dongeng dan geguritan yang diikuti oleh kelas 4,5, dan 6. Tujuan dari lomba-lomba tersebut untuk menanamkan nilai persatuan dan gotong royong dalam diri peserta didik. Kegiatan ini mengangkat tema permainan tradisional dan kebudayaan Jawa yang berupa karya sastra. 

Sumber Probadi

Dalam lomba membaca geguritan peserta didik dinilai dari beberapa aspek diantarannya wicara yang mencakup artikulasi atau pengucapan. Aspek kedua yaitu wirama yang mecakup tinggi rendahnya nada dan teknik pengambilan nafas ketika membaca geguritan. Aspek ketiga yaitu wiraga yang mencakup gerak tubuh ketika membaca geguritan. 

Dan aspek terakhir yaitu wirasa yang mencakup kesesuaian penghayatan pembaca geguritan terhadap isi geguritan yang dibaca. berdasarkan kegiatan tersebut diharapkan peserta didik dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta memiliki rasa cinta terhadap budaya yang ada khusunya budaya Jawa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline